Wujudkan Kemenkumham Semakin PASTI dan Berakhlak, Lapas Yogyakarta Deklarasikan Janji Kinerja

 Wujudkan Kemenkumham Semakin PASTI dan Berakhlak, Lapas Yogyakarta Deklarasikan Janji Kinerja

YOGYAKARTA – Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dilaksanakan oleh Empat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kota Yogyakarta pada Rabu (19/1).

Empat UPT yang telah menggelar deklarasi janji kinerja itu yakni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Yogyakarta, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Yogyakarta, Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta, serta Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Yogyakarta.

Kepala Lapas Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, tengah menyampaikan sambutannya.| Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Kegiatan diawali dengan laporan pelaksanaan oleh Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, selaku ketua penyelenggara. Dalam laporannya, Kalapas menyampaikan tujuan digelarnya kegiatan ini.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi serta menumbuhkembangkan keterbukaan dan kejujuran serta memperlancar pelaksanaan tugas yang berkualitas efektif, efisien dan akuntabel,” tegas Kalapas.

Dalam sambutan selanjutnya, Kepala Keasistenan Pencegahan Ombudsman Perwakilan DIY, Chasidin, menyampaikan bahwa penandatanganan perjanjian kinerja memuat tanggung jawab besar dalam memberikan pelayanan terbaik kepada publik.

“Hari ini telah ditandatangani deklarasi janji kinerja, pada saat ini juga rekan-rekan sekalian yang telah mengucapkan deklarasi janji kinerja maka sudah mengemban tugas dan tanggung jawab sesuai tugas, sesuai yang telah ditargetkan. Dalam memberikan pelayanan publik, itu melayani dengan hati, dengan hati-hati artinya sesuai prosedur, dan jangan setengah hati apalagi sesuka hati,” terangnya.

Inspektur Wilayah V, Budi Ateh, tengah membubuhkan tanda tangan dalam Deklarasi Janji Kinerja 2022 di Lapas Wirogunan Yogyakarta. | Foto: Ambar Kusuma/ Humas Lapas Yogyakarta

Senada, Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Kementerian Hukum dan HAM, Faisol Ali, yang dalam hal ini membacakan sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, menyampaikan untuk melaksanakan janji kinerja yang telah dideklarasikan.

“ Laksanakan janji kinerja yang telah dideklarasikan bersama, capailah target kinerja yang telah ditentukan dengan baik dan tepat sasaran,” ujarnya.

Dalam deklarasi kinerja tersebut, turut hadir Inspektur Wilayah V Kemenkumham RI, Budi Ateh. Dalam kesempatan yang sama, Ia menegaskan deklarasi kinerja menjadi komitmen Kementerian. Melalui komitmen kinerja tersebut diharapkan semua UPT di Kanwil Kemenkumham DIY 100 persen meraih predikat WBK dan WBBM.

“Melalui komitmen kinerja ini kami akan mengejar target dan terus evaluasi lagi. Mudah-mudahan bisa 100 persen,” terangnya.

“Saya berharap kawan-kawan semua khususnya, UPT Lapas dan Rutan dapat memberikan pelayanan dengan hati, tapi tetap hati-hati sesuai SOP,” imbuhnya.

Kegiatan deklarasi ini juga disaksikan langsung oleh Kepolisian Resort Kota Yoagyakarta, Kejaksaan Negeri Yogyakarta, Pengadilan Negeri Yogyakarta, dan Badan Narkotika Nasional Kota Yogyakarta. [TPH]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.