Wujudkan Akuntabilitas Kinerja, Lapas Yogyakarta Ikuti Workshop SAKIP dan LKjIP

 Wujudkan Akuntabilitas Kinerja, Lapas Yogyakarta Ikuti Workshop SAKIP dan LKjIP

Sosialisasi berlangsung di Aula Kanwil Kemenkumham DIY.| Foto: Istimewa

YOGYAKARTA – Dua Pegawai Lapas Kelas IIA Yogyakarta mengikuti sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan pendampingan Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) di Aula Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham D. I. Yogyakarta pada Rabu (14/12).

Dalam Sambutannya, Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Kanwil D.I. Yogyakarta, Mutia Farida, mengharapkan sosialisasi pagi ini dapat diteruskan ke jajaran Kantor Wilayah.

“Maka Kanwil maupun UPT akan semakin kuat serta meningkat kinerjanya, serta terjaga sinergisitasnya. Ada koordinasi dan konsultasi, UPT jangan malu bertanya, kejar hingga hasil capaiannya terbaik. Mari kita kerjakan LKjIP sesuai dengan pedoman yang ditentukan. Walaupun kita kecil tapi kita harus kuat sinerginya,” ajaknya.

Sementara dalam paparannya, Kasubag Pemantauan, Analisis, dan Pelaporan I Biro Perencanaaan Kemenkumham, Widi Sutrisno, menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Good Government, yakni Kemenkumham yang selaras dengan Visi dan Misi Pemerintah, maka perlu adanya peningkatan dan kesesuaian antara Akuntabilitas Kinerja Organisasi, Akuntabilitas Keuangan, dan Akuntabilitas Kinerja Individu.

“SAKIP adalah bentuk pertanggungjawaban kita terhadap anggaran yang kita terima, ada hasil output/outcome dari apa yang organisasi kita rencanakan dan anggarkan, dan itu dapat dilihat oleh masyarakat, adanya Kemenkumham, adanya Kantor Wilayah, dan UPT fungsinya apa, benefitnya apa, serta apa yg dihasilkan,” paparnya.

Lebih lanjut narasumber menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat akan diluncurkan aplikasi E-Performance baru yang bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi sistem akuntabilatas kinerja organisasi, keuangan maupun individu secara berkala dan terintegrasi dengan aplikasi lainnya.

“Suksesnya sistem pemerintahan yang Akuntabel adalah hasil sinergi seluruh pegawainya yang juga akuntabel, berkompeten dan memiliki komitmen untuk mendukung sistem akuntabilitas dalam organisasi,” tambahnya.

Sementara itu, perwakilan pegawai Lapas Yogyakarta sekaligus Operator, Zendrato, menyatakan siap menyosialisasikan sistem pemerintahan yang akuntabel, selaras dengan pemerintah, dan siap mewujudkan good government. [KAKZ]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content