Rabu, 30 September 2020 - 05:37 WIB

WBP Wanita Lapas Wirogunan Menjadi Petugas Upacara Bendera

100_6029-

Tiga WBP Wanita tengah bertugas mengibarkan bendera pada upacara rutin di Lapas Wirogunan (20/4) [Ambar kusuma]

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, upacara Bendera Merah Putih pada hari Senin (20/04) bagi warga binaan pemasyarakatan Lapas Wirogunan hampir seluruh petugasnya dilaksanakan oleh WBP Wanita.

RT dengan percaya diri menjadi komandan upacara di tengah-tengah teman sesame WBP yang sebagian besar laki-laki. Sedangkan TB, Tami, dan SL bertindak selaku pengibar bendera. Tugas tersebut mereka laksanakan dengan baik, seakan-akan ingin membayar kesalahan mereka dua minggu lalu yang pengaitnya terlepas. Dua kelompok paduan suara terdiri dari barisan WBP laki-laki dan WBP wanita dengan semangat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Begitu juga dengan Puji dan teman-temannya yang lain melaksanakan tugas mereka dengan baik.

Tri Ari Astuti, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Lapas Wirogunan selaku Inspektur Upacara memberi pesan terkait dengan semangat Kartini selaku tokoh emansipasi wanita di Indonesia. Dikatakannya bahwa laki-laki dan perempuan mempunyai tugas dan peranan kehidupan masing-masing, sehingga satu dengan yang lain harus selalu bersinergi. Emansipasi jangan dinilai kebablasan, dimana kaum wanita dapat menuntut haknya dengan semena-mena. Selain itu kaum wanita juga harus mengetahui dan menjalankan kewajibannya. Tri Ari Astuti juga mengajak para WBP wanita untuk mencontoh Kartini dalam memajukan kaumnya. Mereka masih memiliki kesempatan luas untuk memperbaiki diri dan mengembangkan potensi dengan banyak belajar. Lapas Wirogunan memberi sarana pembinaan bagi WBP baik laki-laki maupun wanita, baik itu pembinaan kepribadian maupun pembinaan kemandirian.

[Ambar Kusuma]

Filed in: Kabar Penjara April 2015

No comments yet.

Leave a Reply