Rabu, 30 September 2020 - 02:24 WIB

WBP Belajar Sholat sebelum Buka Puasa Bersama

Sholat fardhu merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang sudah dewasa. Sayangnya para muslimin dan muslimah banyak yang belum bisa melaksanakan ini dengan benar. Tidak terkecuali para Warga Binaan Pemasyarakatan  (WBP) Lapas Wirogunan. Ustadz Bambang Nur Hadi dan Ustadz Fahmi dari Forum Kajian Pendidikan Yogyakarta (FKPY) Jeli melihat gejala ini, dan memutuskan untuk memberikan penjelasan kepada WBP tentang sholat yang benar menurut Nabi.

Bertepatan dengan bulan Romadhan, mereka menyelenggarakan buka puasa bersama dengan WBP Lapas Wirogunan pada hari Minggu (11/06/2017). Sekitar satu zam menuju adzan Mahgrib ustadz Nur Hadi  membuka acara dan meminta para WBP menyimak penjelasan Ustadz Fahmi dalam menjelaskan cara sholat yang benar.

Ustadz Fahmi, sosok muda yang masih kuliah di UGM dengan tenang memberikan penjelasan kepada WBP dengan menggunakan LCD. Cara ini cukup ampuh, karena WBP dapat melihat gambar dihadapan mereka, laksana melihat film layar lebar. Terlebih dalam penjelasan tersebut Ustadz Fahmi juga memberikan contoh setiap gerakan sholat. Beberapa tanggapan pun disampaikan WBP. Ternyata sholat yang mereka lakukan ada kekeliruan dalam gerakan yang sebelumnya tidak diketahui. Tidak ada satupun WBP yang meninggalkan tempat, seluruhnya memperhatikan penjelasan hingga waktu berbuka puasa pun tiba.

Kolak adalah pembuka puasa bersama para WBP,  dengan tertib mereka lalu berwudlu dan langsung membentuk barisan untuk mengerjakan sholat mahgrib berjamaah. Pada kesempatan ini mereka bisa menyantap buka puasa bersama di masjid Al-Fajar Lapas Wirogunan. Tentu ini adalah hal yang menyenangkan, selain makan mereka berbeda dengan jatah sehari-hari, mereka juga dapat menikmati malam di luar kamar hunian mereka.

(AK 11062017)

Filed in: Kabar Penjara Juni 2017

No comments yet.

Leave a Reply