Selasa, 29 September 2020 - 19:08 WIB

Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Lapas Wirogunan

Upacara 1 Oktober 2014

Dua petugas siap melaksanakan tugas membacakan Pembukaan UUD 1945 dan IKRAR di depan Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari kesaktian pancasila di Lapas Wirogunan, Rabu (1/10). Foto: Tim PPID

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diselenggarakan di Lapas Wirogunan pada Rabu (1/10). Walau tanpa persiapan khusus, kegiatan berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan baku tata upacara. Hal tersebut dapat dicapai karena seluruh personil upacara adalah petugas yang memang selalu siaga bila mendapatkan perintah menjadi petugas upacara. Peserta pada upacara tersebut adalah para pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Wirogunan .

Sebelum upacara dimulai tim paduan suara dipimpin oleh Ambar Kusuma dan Iwan Yujono menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”. Terpantau sekitar pukul delapan upacara dimulai, Zaenal Arifin Kepala Lapas Wirogunan  selaku inspektur upacara. Sementara itu, Nugroho Meydiawan sebagai pembaca Pembukaan UUD 1945, sedangkan pembaca ikrar dilaksanakan oleh Husni Tamrin.

Ikrar tersebut menyatakan bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan negara RI, pada kenyataannya telah banyak rongrongan baik dari dalam maupun luar terhadap NKRI. Hal itu dinilai antara lain karena kekurangwaspadaan terhadap gerakan-gerakan yang ingin menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara sehingga bangsa Indonesia bertekad untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila hingga menegakkan kebenaran demi keutuhan NKRI.

Upacara ditutup dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara dipimpin oleh Dhandy Dhermawan, selaku komandan Upacara. (AK 01102014)

Filed in: Kabar Penjara Oktober 2014

No comments yet.

Leave a Reply