Tuai Hasil Pembinaan Kemandirian, WBP Lapas Yogyakarta Bisa Beri ‘THR’ Keluarga

 Tuai Hasil Pembinaan Kemandirian, WBP Lapas Yogyakarta Bisa Beri ‘THR’ Keluarga

Sungkem WBP ke keluarga, sambut Hari Raya Idulfitri 1443 H.| Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Suasana haru dan bahagia tampak menyelimuti Aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta. Pasalnya Warga Binaan Pemasyakatan (WBP) memberikan ‘THR’ berupa Bingkisan Lebaran dan Premi hasil dari Pembinaan Kemandirian ke keluarganya pada Sabtu (30/4).

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, menjelaskan bahwa WBP yang mendapatkan pelatihan bimbingan kerja mendapatkan premi sebagai imbalan dalam bentuk voucher/ uang digital. Premi adalah upah untuk WBP, didapat dari hasil mengikuti Kegiatan Kerja yang diselenggarakan oleh UPT dalam hal ini Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

Pada kesempatan itu, Kalapas secara simbolis menyerahkan premi dan bingkisan lebaran kepada WBP yang selanjutnya oleh WBP diserahkan kepada keluarganya.

Dalam sambutannya Kalapas menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya menumbuhkan rasa tanggung jawab dan apresiasi kepada Warga Binaan yang telah mengikuti pembinaan kemandirian secara maksimal.

“Jadi WBP ini menyisihkan preminya untuk keluarga yang ada di rumah. Karena disini adalah lapas untuk pria begitu pula isinya, jadi harus memiliki rasa tanggung jawab kepada keluarga. Saya juga berpesan kepada teman-teman WBP, premi ini jangan dihabiskan. Ini wujud apresiasi kepada WBP yang mengikuti kegiatan pembinaan kemandirian ini dengan maksimal, minimal juga sedikit mengobati rasa rindu. Ini juga memicu semangat warga binaan yang lain untuk dapat mengikuti kegiatan dengan semaksimal mungkin,” jelas Kalapas.

Dituturkan Soleh kepada keluarga WBP bahwa Bakpia ‘Mbah Wiro 378’ yang sudah terbit PIRTnya, sampai saat ini masih terus berlangsung produksinya.

“Produksi bakpia kami sangat luar biasa, jadi mereka bekerja sampai lembur-lembur. Alhamdulillah dari lemburnya itu bisa menyisihkan untuk bapak-ibu sekalian. Saya berharap keluarga dapat memberi dukungan keluarganya yang ada disini, sehingga dalam melaksanakan pembinaan dapat maksimal lagi,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini sebanyak 20 orang warga binaan dan 5 perwakilan keluarga hadir mengikuti rangkaian acara. Dalam acara tersebut keluarga menerima bingkisan yang masing-masing terdiri dari Beras 5 Kg, premi hasil pembinaan kemandirian sebanyak Rp500.000 dan produk Bakpia ‘Mbah Wiro 378’.

Pada momentum menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri ini, Kalapas juga meminta WBP untuk sungkem kepada keluarganya. Kegiatan berlangsung dengan lancar dengan menerapkan serangkaian protokol kesehatan dengan cuci tangan, tes antigen, dan pengecekan sertifikat vaksinasi booster bagi tamu dari luar. [TPH]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.