Tingkatkan Kualitas Pembinaan, Wali Pemasyarakatan Lapas Yogyakarta Memperoleh Sosialisasi SPPN

 Tingkatkan Kualitas Pembinaan, Wali Pemasyarakatan Lapas Yogyakarta Memperoleh Sosialisasi SPPN

Para Wali Pemasyarakatan Lapas Yogyakarta bersama para Ka.UPT Pas dan Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham DIY berfoto bersama.| Foto: Istimewa

YOGYAKARTA – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, menghadiri pembukaan acara Sosiaisasi dan Peningkatan Kapasitas bagi Wali/Petugas Pemasyarakatan dalam Pelaksanaan Pembinaan Narapidana. Kegiatan dengan tema ‘Penerapan Standar Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN) pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Wilayah DIY’ itu, dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham DIY, Kamis (17/3).

Dilansir dari jogja.kemenkumham.go.id, acara dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Imam Jauhari. Imam berharap petugas Pemasyarakatan mampu menggunakan instrumen penilaian pembinaan narapidana melalui pengamatan perilaku yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan, dan mampu memberikan pembinaan narapidana yang sesuai dengan kebutuhan individual.

“Kami berharap petugas pembinaan Pemasyarakatan pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya Lapas, Rutan, dan LPKA dapat memahami peran, fungsi dan tugas pembinaan, khusunya peran Wali Pemasyarakatan dalam melengkapi data dukung instrumen SPPN secara baik dan benar,” ujar Imam.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Imam Jauhari secara resmi membuka acara Sosialisasi SPPN.| Foto: Istimewa

Peran petugas pembinaan Pemasyarakatan memberikan pembinaan mental, sosial, dan keterampilan kerja yang memadai untuk menjadikan bekal kehidupan Warga Binaan Pemasyarakatan. Seiring dengan perkembangan zaman, program pembinaan bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan semakin mengalami kemajuan.

Melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 35 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, disebutkan bahwa penyelenggaraan revitalisasi pembinaan dilaksanakan guna meningkatkan kualitas fungsi pembinaan narapidana dalam mendorong perubahan perilaku dan penurunan tingkat risiko narapidana.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi, M. Akhyar selaku Ketua Panitia, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut agar Wali dan Petugas Pembinaan mampu melakukan pembinaan secara tepat dan menggunakan instrumen penilaian pembinaan yang telah disusun oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gusti Ayu Putu Suwardani, Kepala Divisi Administrasi, Mutia Farida, serta seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham DIY. [Tim Humas]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.