Tingkatkan Kinerja, Lapas Yogyakarta Ikuti Evaluasi Pelaksanaan Anggaran 2021

 Tingkatkan Kinerja, Lapas Yogyakarta Ikuti Evaluasi Pelaksanaan Anggaran 2021

Kakanwil Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir (Ketiga dari kanan) tengah menerima penghargaan Juara 1 dalam kategori Capaian Nilai IKPA dan Nilai SMART dengan nilai 97,51. Secara simbolis, diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Edward O.S. Hiariej. | Foto: Humas Kanwil Kemenkumham DIY

YOGYAKARTA – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta mengikuti kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran tahun 2021 dan Upaya Meningkatkan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022 pada Kamis (25/11). Acara tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Yogyakarta.

Salah seorang peserta evaluasi tengah bertanya kepada narasumber. | Foto: Dok. Humas Lapas Yogyakarta

Dalam kegiatan yang diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu, Lapas Kelas IIA Yogyakarta diwakili oleh Kepala Urusan Umum selaku Pejabat Pembuat Komitmen, Catur Hambawanta, dan Pengelola Keuangan, Desi Murtiani.

Sementara itu, narasumber pada kegiatan tersebut adalah Kepala Seksi PPA I, Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I Yogyakarta, Puji Astuti.

Dalam kesempatan itu Puji Astuti menyampaikan empat pokok bahasan. Diantaranya Kinerja Pelaksanaan Anggaran K/L, Klaster Permasalahan, Rekomendasi, dan Langkah-Langkah Akhir Tahun.

Suasana Evaluasi Pelaksanaan Anggaran tahun 2021 dan Upaya Meningkatkan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022.| Foto: Dok. Humas Lapas Yogyakarta

Sedangkan terkait percepatan penyerapan anggaran, Puji Astuti menyarankan agar pengelola keuangan terus meningkatkan ketelitian guna menghindari kesalahan administrasi. Ia juga menyarankan agar membentuk forum komunikasi berbasis data pada internal satker.

Lebih lanjut untuk untuk pengukuran pelaksanaan anggaran, satuan kerja agar memperhatikan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). IKPA dapat diakses melalui Aplikasi Online Monitoring SPAN.

“IKPA adalah suatu indikator yang telah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi,” ujarnya.

Kakanwil Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir usai menerima kedua penghargaan yang diraih Kanwil Kemenkumham DIY. | Foto: Humas Kanwil Kemenkumham DIY

Dua hari sebelumnya, melansir dari jogja.kemenkumham.go.id pada Selasa (23/11) Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta berhasil meraih Juara 1 dalam kategori Capaian Nilai IKPA dan Nilai SMART dengan nilai 97,51. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Rapat Koordinasi Teknis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual yang diikuti oleh Kanwil Kemenkumham se-Indonesia. Penghargaan secara simbolis diterima langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta, Budi Argap Situngkir. (Tim Humas)

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.