Tingkatkan Kewaspadaan Jelang Lebaran, Lapas Yogyakarta Siap Antisipasi Gangguan Keamanan

 Tingkatkan Kewaspadaan Jelang Lebaran, Lapas Yogyakarta Siap Antisipasi Gangguan Keamanan

Pasukan anti Huru-Hara Lapas Kelas IIA Yogyakarta turut serta dalam apel Siaga Hari Raya Idulfitri 1443 H. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Memasuki minggu terakhir Bulan Ramadan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta menjadi tuan rumah Apel Siaga Hari Raya Idulfitri 1443 H/ 2022 M pada Kamis (28/4). Apel Siaga tersebut diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Apel yang diikuti oleh seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan DIY tersebut, dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 H. Hal itu berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Nomor: SEK-UM.06.01-109 tanggal 22 April 2022 perihal Rangkaian Kegiatan Menyambut Idulfitri 1443 H.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Imam Jauhari, selaku Pembina Apel, berpesan kepada seluruh Petugas Pemasyarakatan untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas dan Rutan selama Perayaan Hari Raya Idulfitri 1443 H.

“Apel siaga ini sebagai bagian dari deteksi dini, untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama perayaan Idulfitri 1443 Hijriah”, ungkap Imam.

Lebih lanjut Imam menjelaskan upaya jajarannya dalam mengantisipasi gangguan keamanan, yakni dengan mengaktifkan seluruh pegawai administrasi yang ada untuk membantu petugas jaga selama berlakunya cuti lebaran.

“Karena kita tahu bahwa petugas yang ada itu sangat minim dibandingkan jumlah tahanan/ narapidana. Jadi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, kami antisipasi, seperti tahun-tahun kemarin jajaran Pemasyarakatan baik kasatker maupun petugasnya satu minggu setelah hari raya tidak ada yang libur,” jelasnya.

Kakanwil juga mengingatkan kepada para petugas untuk tetap melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab, sehingga keamanan dan ketertiban (kamtib) tetap terjaga, melalui implementasi 3+1 Kunci Sukses Pemasyarakatan. Kementerian di bawah pimpinan Menkumham Yasonna H Laoly ini sangat mengantisipasi terjadinya gangguan kamtib selama lebaran.

“Untuk mewujudkan Pemasyarakatan Maju dilaksanakan melalui 3 (tiga) Kunci Sukses Pemasyarakatan, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, berantas narkoba, dan sinergi dengan Aparat Penegak Hukum serta Back to Basics, dimana setiap pelaksanaan tugas dan fungsi senantiasa mengacu dan berpedoman pada aturan-aturan yang berlaku,” pesan Imam.

Kunjungan Hari Raya

Masih di tempat yang sama, Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, menerangkan terkait rencana pelaksanaan kunjungan keluarga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama lebaran.

“Sampai saat ini belum ada arahan dari pusat untuk melaksanakan kunjungan tatap muka, sebagai gantinya akan dilaksanakan dengan kunjungan virtual,” jelasnya.

Selain itu untuk mengantisipasi besarnya minat WBP untuk lebaran bersama keluarga, pihak Lapas Kelas IIA Yogyakarta akan menambah fasilitas kunjungan virtual.

“Selain kami sediakan tempat kunjungan virtual, jika hari biasa ada empat PC, lebaran nanti akan kami tambah menggunakan PC dari pegawai administrasi yang saat itu tidak bekerja memakai PC itu,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Mutia Farida, Kadiv Pemasyarakatan, Gusti Ayu Putu Suwardani, dan Kepala UPT Pemasyarakatan se-Daerah Istimewa Yogyakarta. [HT]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.