Tingkatkan Keterampilan, Petugas Lapas Yogyakarta Latihan Menembak

 Tingkatkan Keterampilan, Petugas Lapas Yogyakarta Latihan Menembak

Salah seorang petugas Lapas Yogyakarta tengah ‘live firing’ mempraktikkan teori menembak yang telah dijelaskan instruktur. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Menembak bagi Petugas Pengamanan di Lapangan Tembak Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (24/09).

Kegiatan ini dalam rangka Pembinaan Mental dan Disiplin (FMD) petugas guna menunjang fungsi pengamanan dengan meningkatkan keterampilan dalam menguasai senjata api.

Gelombang pertama petugas lapas tengah berlatih menembak dengan membidik sasaran tembak. Setiap gelombang berisi 10 orang petugas. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Dalam upacara pembukaan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Arimin, bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan bahwa untuk menjaga warga binaan, petugas dituntut memiliki keterampilan menggunakan senjata api.

“Ikuti kegiatan menembak ini dengan sebaik-baiknya, bagaimanapun juga kita harus mempunyai keterampilan menembak yang baik,” ujarnya.

Usai upacara, Instruktur dari Brimob Polda DIY Bripka Sofan Hadi menjelaskan teknis pelaksanaan latihan menembak kepada 50 petugas yang hadir.

“Semuanya akan kita ulas dan kita coba, tapi nanti pada pelaksanaanya mendapat senjata jenis apapun, its ok,” terangnya.

Kegiatan berjalan dengan disiplin tinggi, mengingat latihan yang dilaksanakan menggunakan senjata api yang kesehariannya digunakan oleh petugas lapas. Sehingga Bripka Sofan menegaskan kembali empat aturan keselamatan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Arimin, bertindak sebagai pembina upacara. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

“Selalu anggap senjata kita selalu dalam kondisi terisi. Jangan mengarahkan senjata kepada sesuatu yang tidak akan kita tembak. Jauhkan telunjuk dari trigger atau picu sebelum siap untuk menembak. Terakhir, harus yakin akan sasaran dan sekelilingnya,” pesannya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kepala Kentor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY yang mendukung penuh kegiatan ini. [TPH, HT]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.