Tingkatkan Kesiapsiagaan, Lapas Yogyakarta Gelar Simulasi Evakuasi Korban Bencana Alam

 Tingkatkan Kesiapsiagaan, Lapas Yogyakarta Gelar Simulasi Evakuasi Korban Bencana Alam

Para peserta tengah mempraktikkan teknik pengangkutan korban menggunakan tandu. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Memasuki hari ke-2 Pelatihan Penanggulangan Bencana, Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta dipandu Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta melakukan simulasi dan pemetaan peta jalur evakuasi serta titik kumpul, Sabtu (13/11).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Upacara tersebut menyimulasikan evakuasi korban bencana ketika terjadi gempa bumi.

Pada kesempatan itu terpantau sebanyak 30 orang petugas mempraktikkan materi yang sudah didapat pada hari sebelumnya. Ada pun yang dipraktikkan hari itu adalah manajemen komunikasi, SOP Komunikasi, pembagian tim, teknik pengangkutan korban dengan tandu/ penanganan korban, penentuan titik kumpul, dan pemetaan jalur evakuasi.

Kegiatan hari itu sekaligus hari terakhir pelatihan penanggulangan bencana. Mengakhiri kegiatan dilaksanakan apel penutupan dan evaluasi.

Kalapas Yogyakarta saat menyampaikan sambutan penutup pada Pelatihan Penanggulangan Bencana bersama BPBD Kota Yogyakarta. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Dalam sambutan singkatnya, Kepala Lapas Yogyakarta berharap kegiatan ini dapat menambah kesiapsiagaan dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan petugas.

“Terima kasih kepada Instruktur dari BPBD Kota Yogyakarta, semoga kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi dan kepada para petugas Lapas Yogyakarta yang memperoleh pelatihan, patut bersyukur karena tidak semua mendapat kesempatan ini. Dan nanti seandainya terjadi bencana, semoga saja tidak ya, dengan pelatihan ini harapannya dapat mengurangi risiko dan sudah bisa mengambil langkah yang terbaik. Selamat bertugas,” pungkasnya. (HT)

Foto bersama antara Struktural Lapas Yogyakarta dengan Tim BPBD Kota Yogyakarta dan para peserta pelatihan. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.