Minggu, 6 Desember 2020 - 08:52 WIB

Tim Informasi Birokrasi Polri melakukan Index Tata Kelola Kepolisian di Lapas Wirogunan

Polri ke Lapas Wirogunan 1

Tim Informasi Birokrasi Polri yang didampingi aparat dari Polda DIY, Polresta Yogyakarta, dan Polsek Pakualaman tengah memberikan penjelasan kepada Warga Binan Pemasyarakatan perihal pengisian angket di Aula Lapas pada Rabu (11/3). [Foto: Husni Tamrin/PPID]

Tim Informasi Birokrasi Polri yang didampingi aparat Kepolisan dari Polda DIY, Polresta Yogyakarta, dan Polsek Pakualaman berkunjungan ke Lapas Wirogunan. Kedatangan mereka pun disambut hangat dan terbuka oleh Zaenal Arifin, Kepala Lapas Wirogunan pada Rabu (11/03).

Sementara itu, M. Gaussyah, anggota tim yang menjadi juru bicara menjelaskan, bahwa kedatangan mereka dalam rangka melakukan Index Tata Kelola Kepolisian, dengan tujuan agar mengetahui pendapat atau tanggapan masyarakat mengenai kinerja aparat polisi dalam melayani masyarakat.

Salah satu sampel yang diambil adalah para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Wirogunan. Informasi yang ingin diperoleh dari narapidana antara lain, bagaimana mereka dahulu ditangkap, apakah selama penyelidikan dan penyidikan mendapat ancaman, kekerasan, atau tekanan dari Polisi.
Ada lima narapidana yang dijadikan sampel dengan latar belakang empat perkara, yaitu tipikor, pencurian, perlindungan anak, dan narkoba. Gamblang dan dengan suasana santai, M Gaussyah menjelaskan maksud dan tujuan pengisian angket.

“ Warga Binaan Pemasyarakatan tidak perlu takut, dan jangan ragu dalam mengisi angket dan interview”, tegas Gaussyah.
Di sela-sela waktu istirahat setelah mengisi angket, SR salah satu WBP kasus narkoba mengeluh kepada petugas yang mendampingi, perihal ingatan pada masa yang pernah dialaminya.

“Duh Pak saya jadi ingat lagi peristiwa tahun 2005, waktu di kantor polisi”, keluh SR siang itu.
 “Nah apa yang kamu jawab disitu, dan apa yang kamu nyatakan nanti akan jadi masukan yang baik bagi institusi Kepolisian. Jadi berfikir positif aja, bahwa jawabanmu menjadi masukan yang berguna bagi institusi Kepolisian”, jelas petugas, di ikuti dengan anggukan mantab oleh SR.

Selesai meyebarkan angket dan melakukan interview kepada kelima WBP, para tamu dari Mabes Polri, Polda DIY, Polresta Yogyakarata, serta Polsek Pakualaman mohon diri, dan menyatakan terimakasih atas penerimaan yang baik dari Kepala dan petugas Lapas Wirogunan serta Warga Binaannya. [Ambar Kusuma] [Editor: HT]

Filed in: Kabar Penjara Maret 2015

No comments yet.

Leave a Reply