Jumat, 5 Maret 2021 - 23:40 WIB

Tidak Dipungut Biaya, 4 WBP Asimilasi di Rumah

Melalui program asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19, empat orang Warga Binaan Pemasyarakatan(WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta mulai menjalani program asimilasi di rumah pada Kamis (11/02) pagi.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 32 tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat, WBP yang memperoleh asimilasi adalah warga binaan yang telah menjalankan 1/2 (satu per dua) masa pidana, berkelakuan baik dibuktikan dengan tidak sedang menjalani masa hukuman disiplin dalam 6 bulan terakhir serta aktif mengikuti program pembinaan dengan baik.

Pembebasan ini dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik), FX. Yuli Purwanto.

Dihadapan warga binaan dan keluarga yang menjemput Ia memberi pengarahan agar selama asimilasi ini dapat berkelakuan dengan baik.

“Program asimilasi ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Tujuan dari program ini untuk melindungi warga binaan dari penyebaran Covid-19, ketika sudah kembali ke rumah tetap taati protokol kesehatan. Kami minta keluarga juga turut berperan mengawasi agar tidak mengulangi kembali perbuatannya, ” pesan Yuli.

Selama asimilasi ini pula warga binaan tetap dalam pengawasan dan dipantau oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas).

Penulis: ASAP
Editor: HT

Filed in: Kabar Penjara Februari 2021

No comments yet.

Leave a Reply