Minggu, 6 Desember 2020 - 08:08 WIB

Tarawih Berjamaah Pertama di Lapas Wirogunan; “Hati Gembira Melihat Bintang di Bulan Ramadhan”

Warga Binaan Pemasyarakatan terlihat khusyuk mengikuti ibadah Shalat Tarawih berjamaah di Masjid Al-Fajar Lapas Kelas IIA Yogyakarta pada Jumat (27/6).

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terlihat khusyuk mengikuti ibadah Shalat Tarawih berjamaah di Masjid Al-Fajar Lapas Kelas IIA Yogyakarta pada Jumat (27/6). Foto: Ambar Kusuma

Marhaban Yaa Ramadhan!
Umat Islam di seluruh penjuru dunia bergembira dan bersyukur dengan datangnya Bulan Ramadhan 1435 H. Begitu juga dengan WBP Lapas Yogyakarta. Bukan hanya kegiatan puasa dan Shalat Tarawih serta ibadah lainnya yang membuat WBP mengucapkan syukur, tetapi kegembiran terpancar ketika mereka pada malam hari keluar kamar dan dapat melihat gelapnya langit dihiasi tebaran bintang. Sehari-hari sebagian besar WBP memang tidak bisa melihat pemandangan tersebut, dan kesempatan tersebut didapatnya setahun sekali di Bulan Ramadhan ketika Shalat Tarawih di Masjid Al-Fajar Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

Hari pertama Shalat Tarawih diikuti 316 WBP, terdiri dari 254 WBP laki-laki, dan 62 WBP wanita. Ustdz Muhaimin dari pesantren Nurul Umahat di Kota Gede Yogyakarta memberikan tauziah setelah jamaah Masjid Al-Fajar menyelesaikan Shalat Isya, Tarawih dan Witir. Dijelaskannya bahwa puasa bukan hanya ritus keagamaan, tetapi puasa adalah fenomena kehidupan.

Tidak hanya manusia yang berpuasa, hewan dan tumbuhan pun berpuasa, karena puasa merupakan upaya mahluk hidup  untuk meningkatkan hidupnya. Puasa selain manusia berjalan secara otomatis. Sedangkan puasa pada manusia, Al-Quran membahasakannya secara skeptis. Puasa pada manusia mengandung dua kemungkinan, yaitu bertambah baik atau biasa saja seperti semula.

Ustadz Muhaimin juga menjelaskan bahwa Bulan Ramadhan merupakan hari pengampunan, oleh karena itu Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk sering beristiqfar, dan dilakukan tidak hanya ketika Shalat Tarawih saja, tetapi dapat dilakukan di setiap saat. (AK 27062014)

Filed in: Kabar Penjara Juni 2014

No comments yet.

Leave a Reply