Selasa, 29 September 2020 - 18:09 WIB

Suwanjono, Mantan Kasubsi Bimaswat Lapas Wirogunan Mengisi Kultum Hari Pertama Sholat Tarawih

101_9085

“Marhaban Ya Romadhon”

Bulan Romadhon telah datang, umat Islam menyambut dengan suka cita, tidak terkecuali para petugas dan warga binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Wirogunan. Beberapa kegiatan di bulan Romadhon telah disusun, baik itu puasa, sholat Tarawih, tadarus, maupun buka puasa bersama. Sesuai pengumuman menteri Agama RI bahwa puasa Romadhon pertama Romadhon jatuh tanggal 6 Juni 2016, maka pada hari Minggu (5/6/2016) di Lapas Wirogunan menyelenggarakan sholat Tarawih pertama.

Suasana penuh kehangatan, terlebih yang menjadi Imam sholat dan penceramah adalah Suwanjono. Seorang mantan Kepala Sub Seksi Bimbingan Pemasyarakatan dan Perawatan Lapas Wirogunan yang sebulan lalu pensiun. Sosok yang masih terlihat gagah dan segar tersebut memberikan pencerahan tentang ibadah di bulan romadhon. Bahasanya yang santai dan penuh riang canda merupakan ciri  yang tidak hilang dari Suwanjono.

“Ibadah puasa Romadhon sebaiknya diawali dengan bermaaf-maafan, dan dalam menjalankannya jangan setengah-setengah. Para WBP ketika sudah sampai masjid Alfajar juga jangan lama-lama nongkrong di tempat wudlu. Lebih baik segera masuk ke masjid. Kalian bisa mengerjakan ibadah, seperti sholat, zikir, berdoa, dan sebagainya,” ujar Suwanjono mengawali ceramahnya.

Di tengah-tengah para jemaah Sholat Isa dan Tarawih Masjid Al-Fajar Lapas Wirogunan tersebut, ternyata ada Suherman Kepala Lapas Wirogunan. Cukup bersahabat di tengah para WBP sehingga tidak menimbulkan kecanggungan bagi para petugas dan WBP Lapas Wirogunan. Padahal sosok ini baru beberapa hari lalu dilantik menjadi Kepala LapasWirogunan.

Sholat Tarawih pertama bulan Ramadhaon tahun 1437 Hijriyah di Lapas Wirogunan dapat dilaksanakan dengan baik penuh suasana persaudaraan.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara Juni 2016

No comments yet.

Leave a Reply