Studi Banding Pembangunan Zona Integritas, Kakanwil Kemenkumham Sumbar Kunjungi Lapas Yogyakarta

 Studi Banding Pembangunan Zona Integritas, Kakanwil Kemenkumham Sumbar Kunjungi Lapas Yogyakarta

Kalapas Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, berfoto bersama Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya di halaman dalam Lapas Wirogunan Yogyakarta.| Foto: Dok. Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumatera Barat (Sumbar), R. Andika Dwi Prasetya, mengunjungi Lapas Kelas IIA Yogyakarta pada Rabu (15/6). Kunjungan kali ini dalam rangka silaturahmi sekaligus studi banding pembangunan Zona Integritas (ZI) di Lapas tertua di D.I. Yogyakarta tersebut.

Kedatangan Kakanwil Sumbar beserta tim diterima langsung oleh Kepala Lapas Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo. Bertempat di Ruang Memorabilia Pemasyarakatan, diskusi berlangsung interaktif, sehingga suasana kekeluargaan begitu kentara dalam kunjungan dinas kali ini.

Pada kesempatan itu, Kalapas menyampaikan inovasi unggulan dalam proses pembangunan Zona Integritas di Lapas Yogyakarta, yaitu Madrasah Alquran Al-Fajar dan Assessment Center.

“Assessment Center kami bangun, merupakan jawaban dari Permenkumham nomor 7 tahun 2022. Inovasi ini dapat digunakan berbagai kegiatan seperti konseling atau pendampingan psikologi bagi WBP, penerapan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN), kegiatan pendampingan Wali Pemasyarakatan terhadap WBP, juga tempat melakukan penelitian Pemasyarakatan yang dilakukan Pembimbing Kemasyarakatan dari Bapas,” terangnya.

Selesai berdiskusi, Kalapas mengajak Kakanwil beserta tim melihat Bangunan Assessment Center berikut sistemnya secara langsung. Guna melihat sistem yang terintegrasi dengan Assessment Center, selanjutnya tim diajak ke Ruang Produksi Bakpia ‘Mbah Wiro 378’ yang berlokasi di Bengkel Kerja Lapas tersebut. Disana selain menerima keterangan dari Kalapas terkait penggunaan kartu elektronik pembinaan warga binaan, Kakanwil juga berkesempatan mencicipi bakpia yang baru saja matang.

Di ruang Assessment Center, Kalapas menyampaikan detail operasional inovasi yang digagasnya.| Foto: Reka/ Humas Lapas Yogyakarta

Dalam kesempatan itu, Kakanwil Andika mengapresiasi inovasi berbasis teknologi untuk pelayanan dan pembinaan pada Lapas Yogyakarta.

“Perubahan dan inovasi pelayanan disini sangat luar biasa, Assessment Center dan pembinaan kemandirian serta pembinaan kepribadian sangat terukur,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Kanwil Kemenkumham Sumbar adalah salah satu unit kerja pelayanan yang telah berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Meski demikian, Kakanwil menerangkan bahwa pihaknya tetap berkomitmen meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan jajarannya. Ia juga mendukung Lapas Yogyakarta meraih predikat WBK tahun ini. [HT]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content