Selasa, 29 September 2020 - 19:04 WIB

Sigit Giri, Warga Binaan Lapas Yogyakarta Juara 1 Lomba Cerpen Piala Menkumham

 

Sigit Giri Wibowo, Warga Binaan Lapas Yogyakarta berhasil meraih juara 1 Lomba Menulis Cerita Pendek (cerpen) Piala Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Republik Indonesia (RI) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) pada momen perayaan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia tahun ini.

Dalam kesehariannya, Sigit dikenal aktif mengikuti kegiatan pendalaman agama di Madrasah Al-Fajar Lapas Yogyakarta. Tidak jarang ia berperan sebagai tutor mengaji untuk warga binaan lainnya.

Sertifikat Tahun 2020 dari Menteri Hukum dan Hak Asasi anusia RI, Yasonna H. Laoly diterima oleh Sigit Giri W dari Lapas Yogyakarta.

Disamping aktivitasnya tersebut, ia juga memiliki bakat menulis yang kerap ia asah di waktu senggangnya. Terbukti, tahun 2019 lalu, ia berhasil menjuarai lomba penulisan cerpen tingkat nasional pada momen Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55.

Melihat bakat tersebut, petugas Lapas Yogyakarta mendukung penuh kreativitasnya. Di ruang pembinaan disediakan kertas folio dan pulpen untuk menunjang bakatnya juga warga binaan lainnya.

Begitu pula tahun ini, karya Sigit Giri yang berjudul “Kalanjana” berhasil memikat juri dengan plot cerita yang menarik. Mengambil latar cerita di demplot pertanian Lapas Yogyakarta, dengan objek realita kehidupan warga binaan yang kemudian mampu menampilkan pesan moral dibalik cerita tersebut.

“Sebuah capain yang tidak mengagetkan tapi patut disyukuri, tahun 2019 lalu juga berhasil juara 1,” uangkap Kepala Lapas Yogyakarta, Satriyo Waluyo.

Piagam Penghargaan Tahun 2019 dari Menteri Hukum dan Hak Asasi anusia RI, Yasonna H. Laoly diterima oleh Sigit Giri W dari Lapas Yogyakarta.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh warga binaan untuk mengembangkan kreativitas positif dalam bidang apa pun.

ASAP

Filed in: Kabar Penjara Agustus 2020

No comments yet.

Leave a Reply