Minggu, 29 November 2020 - 03:00 WIB

Serah Terima Jabatan KepalaLapas Wirogunan Yogyakarta Suherman Melanjutkan Kepemimpinan Zaenal Arifin

101_8826

Rabu (01/01/2016) bertepatan dengan hari Lahir Pancasila di Lapas Wirogunan Yogyakarta diselenggarakan Acara serah terima Jabatan Kepala Lapas Wirogunan, dari Zaenal Arifin yang kepemimpinannya dilanjutkan oleh Suherman, yang sebelumnya menjabat Kepala Lapas Sidoarjo di Jawa Timur. Sedangkan ZaenAL Arifin telah dilantik sebagai Kepala Lapas Kerawang Jawa Barat.

Acara yang sederhana tersebut dihadiri dari banyak kalangan. Selain para Pejabat Kanwil Kemenkumham DIY dan  Kepala UPT Pemasyarakatan se DIY juga mereka yang selama ini berpartisipasi memberikan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Wirogunan, antara lain  penyair, pelukis, dan pengusaha.

Setelah acara pokok berupa penandatanganan serah terima jabatan Kepala Lapas Wirogunan, diputar sebuah film documenter dalam bentuk testimony para pegawai dan WBP Lapas Wiroguan, dan penyajian foto-foto kegiatan Zaenal Arifin selama berkiprah di Lapas Wirogunan.

Tayangan ini rupanya membuat Zaenal Arifin dan istri terharu. Mereka cukup terkejut dengan penyajian ini. Keterkejutan mereka bertambah ketika tiga pegawai (Tri Ari Astuti, Jati Suryono, Ambar Kusuma) dan satu WBP (Puji) membacakan puisi kelomppk berjudul “Sang Zaenal”.

Di dalam kata perpisahan Zaenal Arifin mengucapkan terimakasih telah diberi kesempatan memimpin Lapas Wirogunan, dan mempunyai banyak kenangan indah. Terbuktu Lapas Wirogunan pernah menjadi juara Lapas terbaik seluruh Indonesia tahun 2014. Selain itu Lapas Wirogunan juga semakin eksis dan banyak masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan di Lapas Wirogunan.

Sedangkan Suherman, Kepala Lapas Wirogunan yang baru juga mengucapkan kekagumannya hingga mengucapkan, “Pusi tadi menjelaskan kebaikan-kebaikan Pak Zaenal, tanpa ada kejelekannya. Ini menjadi tantanganapa yang bisa lakukan untuk Lapas Wirogunan. Bila Pak Zaenal di dalam puisi diberi judul ‘Sang Zaenal’, mungkin besok saya dibuatkan puisi dengan judul ‘Mang Herman’.”

Acara pokok selesai, mereka yang hadirpun memberikan ucapan selamat jalan kepada Zaenal Arifin, dan selamat datang Suherman di Lapas Wirogunan. Bersamaan dengan itu Band Wirogunan terus mengiringi music hingga acara selesai.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara Juni 2016

No comments yet.

Leave a Reply