Semarak Hari Bakti Pemasyarakatan, Lapas Yogyakarta Sukses Vaksinasi Booster WBP

 Semarak Hari Bakti Pemasyarakatan, Lapas Yogyakarta Sukses Vaksinasi Booster WBP

Seorang WBP tengah menerima suntikan vaksinasi booster di Lapas Kelas IIA Yogyakarta.| Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Bertempat di Aula Gevangenis van Wirogunan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta mendapat vaksinasi Covid-19 dosis ke-3 (Booster) pada Rabu (23/3).

Kegiatan ini merupakan wujud sinergi antara Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) D.I. Yogyakarta, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Negeri Yogyakarta, dan Kementerian Hukum dan HAM DIY dalam hal ini Divisi Pemasyarakatan bersama Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

Dalam keterangannya, Kepala kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Imam Jauhari, menyampaikan bahwa Vaksinasi Booster ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam semarak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP).

“Hari ini dilaksanakan vaksin ketiga booster untuk warga binaan. Semuanya ini kita rangkaikan, keluarga besar Direktorat Jenderal Pemasyaakatan pada bulan ini akan melaksanakan Hari Ulang Tahun yang diberi Nama Hari Bakti Pemasyarakatan. Dalam rangka menyemarakkan hal tersebut kami melakukan langkah nyata dalam melakukan pelayanan pada masyarakat khususnya warga binaan. Mengingat situasi masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, kami berkolaborasi dengan BINDA DIY dalam rangka pelaksanaan booster,“ jelas Kakanwil.

Kakanwil juga berharap Warga Binaan dan Pegawai tetap sehat sehingga kegiatan pembinaan dapat berjalan lancar.

“Ini semua untuk menjaga kesehatan pegawai dan warga binaan. Karena dengan adanya booster yang dilaksanakan pada hari ini, diharapkan akan sehat. Jika sehat akan produktif. Karena kita sama- sama mengetahui, warga binaan di dalam lapas tidak hanya dikurung melainkan melakukan kegiatan pembinaan. Pada Vaksinasi ini sejumlah 204 WBP Lapas Yogyakarta berhasil mendapat Vaksinasi Booster. Selanjutnya akan ada sesi kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2022 dengan kuota 150 WBP,” jelasnya.

Dari kiri ke kanan, Kepala Divisi Pemasyarakatan, GAP. Suwardani, Kepala Binda DIY, Brigjen Pol. Dr. Andry Wibowo, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Imam Jauhari, Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Sementara itu, Kepala Binda DIY, Brigjen Pol. Dr. Andry Wibowo menyampaikan bahwa Vaksinasi booster ini merupakan langkah akseleratif yang ditempuh untuk bebas dari Covid-19.

“Rangkaian agenda kolaborasi BIN DIY dengan Kemenkumham DIY termasuk Divisi Pemasyarakatan khususnya Lapas Yogyakarta. Kemarin kami sepakat dengan Bapak Kakanwil dan Ibu Kadivpas untuk membangun brand baru untuk Lapas Yogyakarta dan Rutan Yogyakarta sebagai lapas dan rutan yang humanis dalam konteks pembinaan kepada saudara-saudara kita yang menjalani hukuman, salah satunya dengan vaksinasi yang harus kita lakukan secara akseleratif. Karena mereka yang juga berinteraksi dengan orang lain, yang tentunya harus kita proteksi juga dari paparan Virus Corona yang mutasinya terus berkembang sampai hari ini,“ pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Andi Nurka, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gusti Ayu Putu Suwardani, Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, beserta tamu undangan lain yang hadir. [TPH]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.