Semakin PASTI dan Bersinar, Operasi Penggeledahan Gabungan Kembali Digelar Lapas Yogyakarta

 Semakin PASTI dan Bersinar, Operasi Penggeledahan Gabungan Kembali Digelar Lapas Yogyakarta

Sinergisitas Aparat Penegak Hukum dalam kegiatan Operasi Penggeledahan Gabungan di Lapas Yogyakarta. | Foto: Husni Tamrin/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Operasi Penggeledahan Gabungan kembali digelar oleh Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta pada Selasa (28/9). Penggeledahan wisma hunian warga binaan ini melibatkan unsur Aparat Penegak Hukum (APH) di Kota Yogyakarta, diantaranya Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kanwil Kemenkumham DIY, Komando Rayon Militer (Koramil) 05/ Pakualaman, Kepolisian Sektor (Polsek) Pakualaman, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Yogyakarta.

Apel gabungan sebelum pelaksanaan penggeledahan gabungan di Lapas Yogyakarta. Kegiatan ini salah satu bentuk sinergi yang baik dari unsur Pemasyarakatan, Kepolisian, TNI, dan BNN. | Foto: Noor Sidiq/ Humas Lapas Yogyakarta

Selain penggeledahan, petugas juga melakukan tes urine bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai upaya deteksi dini pencegahan peredaran narkoba di dalam lapas.

Sementara itu Kepala Lapas Yogyakarta, Arimin menuturkan bahwa kegiatan ini digelar untuk memastikan Lapas Yogyakarta bersih dari Handphone, Pungli dan Narkoba (Halinar) dan siap berpredikat Bersih dari Narkoba (Bersinar).

“Ini bertujuan untuk membersihkan lapas dari halinar supaya Lapas Yogyakarta siap mendapat predikat Lapas Bersinar,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberantasan BNN Kota Yogyakarta, AKBP Shahrur mengatakan bahwa tidak ditemukan narkoba dan apa yang ditemukan dalam kegiatan ini merupakan benda-benda larangan yang rawan disalahgunakan warga binaan.

“Ini pada dasarnya barang larangan, warga binaan tidak diperbolehkan menyimpan benda-benda ini,” ujarnya sambil menunjuk barang-barang hasil penggeledahan.

Dua anggota Kepolisian Sektor Pakualaman tengah memeriksa rak pakaian WBP dalam kegiatan Penggeledahan Gabungan di Lapas Yogyakarta. | Foto: Ambar Kusuma/ Humas Lapas Yogyakarta

Disamping itu hasil tes urine dari sampel acak 15 orang WBP juga tidak mengindikasikan penyalahgunaan narkoba. Kalapas Yogyakarta kembali memgucapkan terima kasihnya atas dukungan semua pihak kepada Lapas Yogyakarta.

“Terima kasih atas dukungan, kerja sama dan sinergi yang baik dari unsur Kepolisian, TNI, dan BNN,” pungkasnya. [HT]

 

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.