Selasa, 29 September 2020 - 17:26 WIB

“Putri” WBP Lapas Wirogunan Siap Menghadapi Soal-Soal Ujian

 

101_8421

Lonceng di halaman Lapas Wirogunan berdentang, satu regu pengamanan Lapas Wirogunan siap melakukan apel siang tanda siaga menggantikan tugas regu pagi. Hampir bersamaan dengan itu, “Putri”, WBP Wanita memasuki bangsal Klinik Lapas yang selama ini menjadi ruang kelas. Tersenyum dia membaca kalimat “Harap Tenang Ada Ujian Nasional”, yang diltempel pada dinding dan pintu masuk kelas.

Senin (09/05/2016) pukul 13.30 WIB, adalah ujian pertama bagi “Putri” yang mengikuti pendidikan kesetaraan Kejar Paket B (setingkat SMP). Setahun lalu dia menjadi WBP di Lapas Wirogunan karena kasus penganiayaan yang menghebohkan dan dikenal dengan sebutan “Kasus Hello Kity”, dan dipidana 4 tahun 6 bulan.

Senang hatinya ketika diajak untuk melanjutkan sekolah oleh Ambar dan Sukamto, petugas Lapas Wirogunan yang menjadi pengelola pendidikan kesetaraan Kejar Paket di Lapas Wirogunan.

Sudah hampir satu tahun “Putri belajar di kelas Sembilan, dan hari ini hingga dua hari kedepan menghadapi ujian nasional berjuang untuk kelulusannya menempuh pendidikan. Sabatinah dan Euis, panitia ujian nasional yang bertugas mengawasi ujian dan mengantar soal ke Lapas Wirogunan memberikan motivasi kepada “Putri” agar tidak takut menghadapi ujian, dan mengerjakan dengan tenang.

Di ruangan kelas yang sederhana dengan beberapa bangku belajar, di situlah “Putri” mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia  dengan dengan tenang seorang diri.

“Apa yang Bapak ajarkan banyak yang keluar, saya jadi seneng,” katanya kepada Ambar yang selama ini menjadi guru  baginya.

“Alhamdulillah,” Ambar pun menanggapi

Soal-soal Pendidikan Kwarganegaraan pun dilahap “Putri” dalam waktu yang lebih cepat dari mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Sekali lagi dengan tersenyum dia mengatakan, “Latihan soal yang belajar hari Sabtu juga banyak keluar Pak!”

“Syukurlah kalau Putri bisa mengerjakan,” kata Euis, Sang Pengawas ujian sambil tersenyum tanda ikut senang.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara Mei 2016

No comments yet.

Leave a Reply