Senin, 28 September 2020 - 05:23 WIB

Program Lapas Bersih; Oknum Tak Bertanggung Jawab Jadikan Tembok Sebagai Toilet

JUMAT SEHAT - LAPAS BERSIH www.lapaswirogunan.com

Petugas Lapas Yogyakarta tengah membersihkan sisi luar tembok lapas yang ditumbuhi rumput dan memungut sampah plastik pada Jumat (6/2). Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkala. [Foto: Husni Tamrin]

Pegawai Lapas Yogyakarta seusai apel pagi melaksanakan Program Lapas Bersih dengan membersihkan lingkungan tembok sisi luar lapas, pada Jumat (6/2). Kegiatan yang diberi slogan Bersihkan Lingkungan Anda (Berlian), tersebut dipimpin langsung oleh Zaenal Arifin, Kepala Lapas Yogyakarta.
Tri Ari Astuti, Kepala Sub Bagian Tata Usaha mejelaskan bahwa Program Lapas Bersih ini bertujuan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat sekaligus sebagai pepanjangan program Indonesia Berserri. Selain itu program ini akan dilakukan berkala, “ Program Lapas Bersih ini kedepannya akan diadakan rutin, sebulan sekali”, tutur Ari.
Area Luar sekeliling Tembok Lapas menjadi target Program Lapas Bersih. Sesuai dengan jumlah sisi tembok bangunan lapas, petugas dibagi menjadi 4 kelompok. Bagian Timur atau bagian depan Lapas menjadi tanggung jawab Petugas Sub Bagian Tata Usaha dan KPLP, bagian Selatan menjadi tanggung jawab petugas Seksi Minkamtib, bagian Utara menjadi tanggung jawab petugas Seksi Kegiatan Kerja berbaur dengan masyarkat Margoyasan, dan bagian Barat tanggung jawab petugas Seksi Binapi berbaur dengan para prajurit TNI dari Koramil 0734 Yogyakarta, prajurit Odmil II-11 Yogyakarta, dan masyarakat Mergoyasan yang juga memiliki program bersih sehat pada hari yang sama.
Disela-sela membersihkan semak-semak Sri Widayati, petugas Subsi Registrasi menjerit, “Aduh tanganku kena pipis, walah bau banget!” ungkapnya dengan ekspresi yang mengundang tawa petugas lain. Tidak dipungkiri tembok luar lapas memang sering dijadikan toilet oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab.
Usai pelaksanaan Program Lapas Bersih sekeliling tembok lapas terlihat jauh lebih bersih dan asri dari sebelumnya. [Ambar Kusuma & Husni Tamrin]

Filed in: Kabar Penjara Februari 2015

No comments yet.

Leave a Reply