Peringati HUT PIPAS, Lapas Yogyakarta Ziarah di TMPN Kusumanegara

 Peringati HUT PIPAS, Lapas Yogyakarta Ziarah di TMPN Kusumanegara

Ketua PIPAS Korwil DIY yang juga Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Ika Soleh Joko Sutopo (Kedua dari kiri) tengah melakukan penghormatan pada apel di TMP Kusumanegara. | Foto: Humas Kanwil Kemenkumham DIY

YOGYAKARTA- Bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kusumanegara, Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) melaksanakan Ziarah dan Tabur Bunga. Ketua PIPAS Korwil DIY yang juga Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Ika Soleh Joko Sutopo, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara HUT ke-19 PIPAS yang jatuh pada 24 Januari 2023 mendatang.

“Ini rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan ke-19, yaitu ziarah ke Taman Makam Pahlawan. Dan ini serentak dilakukan PIPAS di seluruh Indonesia,” jelas Ika kepada Tim Humas Lapas Jogja seusai kegiatan.

Kegiatan diawali dengan Apel Penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani, yang juga sebagai Pelindung II PIPAS DIY.

Selesai Apel Penghormatan, kegiatan dilanjutkan dengan berdoa bersama dan tabur bunga di atas makam para pahlawan.

Pada peringatan HUT kali, lanjut Ketua PIPAS DIY, bahwa PIPAS baru saja memecahkan rekor yang tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).

“PIPAS se-Indonesia khususnya di bawah kepemimpinan Ibu Anna Reynhard sangat maju dan aktif. Baru saja kita telah menorehkan pemecahan rekor MURI ‘Senam Serentak Satu Lembaga’. Dan saya rasa ini satu satunya rekor yang ada di Indonesia maupun di dunia,” ujarnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani, yang juga sebagai Pelindung II PIPAS DIY, tengah menaburkan bunga di atas makam enderal TNI Raden Oerip Soemohardjo, didampingi Kasi Binadik Lapas Yogyakarta, Dini Ramaina. | Foto: Humas Kanwil Kemenkumham DIY

Menutup keterangan persnya, Ika berharap keberadaan PIPAS dapat mendukung seluruh program Pemasyarakatan dengan 3 kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basics. Serta semakin kompak, aktif, dan berdaya.

“Tentunya PIPAS semakin maju lagi, semakin aktif lagi dan semakin kompak. Serta perempuan di dalam PIPAS semakin berdaya,” harapnya. [TPH]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content