HUT ke-76 Kemerdekaan RI, WBP Lapas Yogyakarta Mendapatkan Remisi

 HUT ke-76 Kemerdekaan RI, WBP Lapas Yogyakarta Mendapatkan Remisi

Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Yogyakarta, Wirawan Hario Yudho secara simbolis menyerahkan remisi kepada salah satu perwakilan WBP penerima remisi. | Foto: Doc. HUMAS LPYK

YOGYAKARTA – Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemeterian Hukum dan HAM DIY se-Kota Yogyakarta menggelar Penyerahan Remisi Umum bagi Narapidana (17/08).

Kegiatan yang di laksanakan di Aula Lapas Kelas IIA Yogyakarta tersebut dipandu langsung oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan secara virtual.

2 WBP Perwakilan penerima remisi berfoto bersama Kalapas Yogyakarta, Staf Ahli Pemkot Jogja, Kadiv Imigrasi dan Kadivpas Kemenkumham DIY. | Foto: Ambar K / Humas Lapas Yogyakarta

Sebanyak 232 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Yogyakarta memperoleh remisi, 9 diantaranya langsung bebas tepat pada tanggal 17 Agustus 2021.

Secara simbolis penyerahan remisi diberikan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Yogyakarta, Wirawan Hario Yudho kepada perwakilan warga binaan yang mendapat Remisi Umum (RU) II.

Kepada Tim Humas, Ia menyampaikan makna remisi yang diberikan negara kepada warga binaan.

“Sebagai apresiasi dari negara untuk memperhatikan semua narapidana yang berperilaku baik, apresiasi ini menjadi agenda tahunan sebagai hadiah dalam rangka kemerdekaan Republik Indonesia yaitu remisi. Remisi ini ada yang bersifat pengurangan dan ada yang langsung bebas,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Gusti Ayu Putu Suwardhani, menambahkan terkait persyaratan agar Warga Binaan mendapat remisi.

“Yang jelas mereka sudah melaksanakan 6 bulan masa pidana, berkelakuan baik dan tidak ada catatan pelanggaran pelanggaran selama menjalani masa pidananya. Dan itu bisa kita usulkan.” jelas Kadiv Pemasyarakatan.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Yogyakarta, Wirawan Hario Yudho menyampaikan apresiasinya usai menyaksikan aksi pertunjukan ‘Gelora Kemerdekaan dari Balik Jeruji’ oleh WBP Lapas Yogyakarta. | Foto: Ambar K/Humas LPYK

Mengakhiri serangkaian acara, segenap tamu yang hadir diarahkan ke lapangan olah raga WBP guna menyaksikan aksi pertunjukan ‘Gelora Kemerdekaan dari Balik Jeruji’ oleh WBP Lapas Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, Wirawan Hario Yudho memberikan apresiasi dan dukungannya kepada Warga Binaan.

“Saya mengapresiasi semangat bapak-bapak. Sebuah pengajaran bagaikan sebuah busur, dan bapak-bapak sebagai anak panah. Seorang pembina akan mengarahkan agar bapak-bapak mencapai tujuan untuk berubah dan merubah menjadi lebih baik. Kalau kita akan berbuat baik, Tuhan yang akan memberi rezeki saat keluar nanti dan kesehatan bagi kita semua. Tetap semangat dan tetap berdoa, Allah SWT bersama bapak-bapak semua. Merdeka,” pekiknya.

Semangat tersebut disambut dengan tepuk tangan riuh dari warga binaan dan tamu undangan.

Serangkaian acara Penyerahan Remisi Umum ini dihadiri juga oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Divisi Keimigrasian, Kepala UPT Pemasyarakatan se-Kota Yogyakarta, Forkopimda dan stake holder UPT Pemasyarakatan. [TPH]

 

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content