Pelayanan Sangat Baik Lapas Yogyakarta, WBP Peroleh Siraman Rohani & Naspad

 Pelayanan Sangat Baik Lapas Yogyakarta, WBP Peroleh Siraman Rohani & Naspad

Para WBP antusias mengikuti tausiah.| Foto: ambar / Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Marhaban ya Ramadan! Puasa Ramadan sudah masuk hari ke-6, ketika Lapas Kelas IIA Yogyakarta mewujudkan pelayanan sangat baik dengan menggelar Buka Puasa Bersama untuk para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat (8/4).

Pada kegiatan yang bertempat di masjid Al-Fajar Lapas Kelas IIA Yogyakarta itu, Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, berpesan kepada WBP agar memanfaatkan  Bulan Ramadan dengan menjalankan puasa sebaik-baiknya.

“Jangan merintih dan merasa tersakiti selama di dalam Lapas, tetapi lakukanlah pertaubatan dan laksanakan kegiatan-kegiatan positif untuk meningkatkan potensi diri untuk menghadapi kehidupan nyata bila kelak kembali ke masyarakat,” pesan Kalapas.

Selanjutnya beberapa menit sebelum waktu buka puasa, Ustaz Khaerudin memberikan siraman rohani bagi para WBP. Di awal tauziahnya Sang Ustaz mengajak agar WBP banyak mengucapkan kalimat toyibah ‘Laa ilaha illallah’, karena kalimat ini merupakan pondasi dari zikir-zikir yang lain.

Kalapas saat menyampaikan pesan-pesannya.| Foto: Ambar/ Humas Lapas Yogyakarta

Dalam tausiah terkait dengan Bulan Ramadan, Ustaz Khaerudin mengajak para WBP untuk memperbaiki niat berpuasa.

”Barang siapa berpuasa dengan sungguh-sungguh, Allah akan mengampuni dosanya. Berpuasa karena cinta kepada Allah, bukan karena teman, malu, atau sebab lain,”pesannya.

Selain berpuasa Ustaz juga menyarankan untuk menambah ibadah-ibadah  yang lain, seperti salat sunnah, tadarus, memperbanyak hapalan Quran.

“Lapas adalah tempat yang baik. Allah memberi kesempatan kepada kalian untuk berobat dan di tempat inilah kalian mempunyai kesempatan besar untuk beribadah dan memperbanyak ilmu. Godaan besar dalam menjalankan ibadah justru bila kalian berada di luar lapas,” Ustaz Khairuddin memberi pesan diakhir tausiahnya.

Tak lama kemudian Azan Mahgrib berkumandang. Teh hangat sebagai pembuka puasa melepaskan dahaga sudah siap di depan para WBP. Mata-mata mereka twrlihat berbinar ketika sebungkus Nasi Padang (Naspad) Chaniago menjadi santapan mereka hari ini. Makanan yang jarang dirasa, bisa jadi cukup mewah bagi mereka.

Berkah Ramadan bagi para WBP, selain mendapat siraman rohani dari Ustaz Khaerudin, mereka juga berbuka puasa dengan Nasi Padang Chaniago. [AK]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.