Rabu, 30 September 2020 - 06:21 WIB

Pegawai Kantor Pajak Pratama Kota Yogyakarta berikan Sosialisasi eFilling

101_4798

Gencarnya iklan di televisi tentang cara pengisian SPT bagi wajib pajak melalui eFilling mengimbas ke Lapas Wirogunan. Melihat sebagian besar pegawai Lapas yang belum mengerti cara pengisian, Zaenal Arifin Kepala Lapas Wirogunan mengundang pegawai dari Kantor Pajak Pratama Kota Yogyakarta untuk memberikan sosialisasi cara pengisian SPT tersebut.

Selasa (1/3/2016) Sosialisasi cara pengisian SPT melalui eFilling dapat diselenggarakan di Lapas Wirogunan. Para pegawai Lapas Wirogunan memenuhi aula, dan dua orang pegawai Pajak Pratama Kota Yogyakarta siap memberikan informasi. Sebagai prasarana pendukung beberapa laptop disiapkan untuk mempraktekan apa yang diterangkan.

Catur dan Sandi Yuda, dua pembicara dari kantor pajak memberikan penjelasan dengan gamblang dan rurut. “Peraturan-peraturan pajak sangat dinamis, tetapi tetap diharapkan tidak ada masalah. Bila ada ketidakjelasan terkait fungsi keuangan silahkan dikonsultasikan kepada kami,” Catur menjelaskan.

Tambahnya lagi, “eFilling adalah fasilitas dari Dirjen Pajak yang dapat diakses melalui online, sehingga pengisian SPT tidak lagi dilakukan secara manual.

Pada pelaksanaan praktek pengisian eFilling, Sandi Yuda setahap demi setahap memberikan penjelasan. Husni, Indras, dan Danang yang menggunakan laptop mengikuti apa yang diperintahkan, Sementara pegawai yang lain mengikuti dengan menggunakan handphone.

Para pegawai cukup antusias mengikuti pengarahan, terbukti dengan banyak hal yang ditanyakan seputar pengisian eFilling. Darya contohnya, yang menanyakan bagaimana mengisi eFilling bila suami istri pegawai negeri.

“Pada dasarnya pengisian eFilling hanya dilaksanakan oleh kepala keluarga, sehingga bila suami istri bekerja maka nilainya digabungkan. Tetapi bila mengisi sendiri-sendiri juga tetap dilayani,” ulas Catur.

Kegrogian juga tampak pada beberapa pegawai, terutama mereka yang gagap teknologi. Satu dari mereka mengatakan,”Jangankan mengisi pake eFilling, pegang computer aja nggak bisa. Wes pasrah nyuruh orang.”

Salah satu pesan yang disampaikan Catur adalah para pengisi eFilling harus sabar bila pengisian sulit diakses karena server yang tidak memadai dengan banyaknya pengakses.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara Maret 2016

No comments yet.

Leave a Reply