Pedomani Kunci Pemasyarakatan Maju, Lapas Yogyakarta Ajak Petugas Gabungan ‘Bersih-Bersih’

 Pedomani Kunci Pemasyarakatan Maju, Lapas Yogyakarta Ajak Petugas Gabungan ‘Bersih-Bersih’

Petugas Gabungan berjalan di selasar blok wisma hunian WBP menuju lokasi razia.| Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta menggelar Apel Siaga ‘Pemasyarakatan Bersih-Bersih’ pada Senin (18/04). Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 ini melibatkan Aparat Penegak Hukum (APH) terkait.

Kepala Lapas Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, bertindak sebagai pembina Apel menyatakan bahwa ‘Pemasyarakatan Bersih-Bersih’ merupakan kegiatan Razia Gabungan Petugas Pemasyarakatan dengan APH. Sasaran utama dalam operasi gabungan tersebut adalah narkoba, ponsel, dan pirantinya, serta senjata tajam maupun barang-barang lainnya yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

“Ini yang saya tekankan dan saya berharap Bapak Ibu dan petugas, deteksi dini terhadap hal-hal yang kiranya dapat memunculkan gangguan ketertiban di Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Barang barang yang ada di dalam atau dari segi bangunan. Jika ada bangunan-bangunan yang berpotensi untuk melarikan diri, mohon nanti kiranya untuk segera dilaporkan dan akan segera ditindaklanjuti,” Jelas Kalapas.

Para petugas tengah merazia wisma hunian WBP.| Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Kalapas juga menekankan untuk menerapkan Standar Operasional Prosedur(SOP) dan etika pada kegiatan penggeledahan Wisma Hunian.

“Saya berharap tetap SOP dan Etika saat nanti kegiatan Penggeledahan,” tegas kalapas.

Seusai Apel, kegiatan dilanjutkan dengan penggeledahan Wisma Hunian Warga Binaan. Hasil dari penggeledahan ini tidak ditemukan barang-barang dan bangunan yang berpotensi sebagai gangguan keamanan dan ketertiban.

Kegiatan ini diikuti oleh Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib), Regu Pengamanan, perwakilan pegawai Bapas Yogyakarta, dan Rupbasan Yogyakarta. Selain itu, apel siaga yang dilanjutkan dengan penggeledahan wisma hunian warga binaan ini juga melibatkan unsur Aparat Penegak Hukum (APH) di Kota Yogyakarta, diantaranya Komando Rayon Militer (Koramil) 05/ Pakualaman, dan Kepolisian Sektor (Polsek) Pakualaman.

Selain Lapas Kelas IIA Yogyakarta, UPT Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham DIY juga melaksanakan kegiatan serupa. [TPH]

Kalapas bersama perwakilan APH tengah memeriksa hasil ‘bersih-bersih’ | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.