Kamis, 29 Oktober 2020 - 02:31 WIB

Oplosan Sholat, Zakat dan Puasa di Lapas Wirogunan

Syawalan WBP LP WG 1 - AK

Ustadz Winasis tengah menyampaikan ceramah bertema “Oplosan Sholat , Zakat, Puasa di masjid Al Fajar LP Wirogunan pada Selasa (28/7) pagi. [Foto: Ambar K]

Acara Halal bihalal atau yang familiar disebut syawalan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) diselenggarakan di Masjid Al-Fajar Lapas Wirogunan Yogyakarta pada Selasa (28/7) pagi. WBP yang beragama Islam, baik WBP Laki-laki maupun WBP perempuan berbondong menuju masjid. Kedatangan mereka disambut oleh sekelompok WBP dengan memainkan musik Hadroh. Dalam sambutannya Zaenal Arifin, Kepala Lapas Wirogunan mengucapkan syukur dan rasa bangganya kepada Takmir dan WBP yang sukses menyelenggarakan syawalan dari mereka  oleh mereka dan untuk mereka.

Di acara puncaknya Ustadz Winasis Abdul Hakim, yang berdomisili di Pleret, Panjatanan Kabupaten Kulonprogo memberikan tauziah yang menyegarkan. Hampir di semua khotbahnya, para jemaah dapat dibuatnya tertawa senang.

Siraman Rohani sang Ustadz bertema “Oplosan Sholat zakat, Puasa”. Para WBP bertepuk tangan ketika Ustadz Winasis mengubah sebuah lagu dengan kalimat-kalimat dakwah, dan dinyanyikan dengan irama oplosan. Spontan tim musik Hadrah pun mengiringi Ustadz yang sedang menyanyikan lagu berirama oplosan tersebut. Ustadz menyampaikan bahwa sholat, zakat, puasa dilaksanakan oleh umat Islam secara terpadu, dan tidak dipilih-pilih.

Selain itu Ustadz juga menyampaikan bahwa Lapas Wirogunan termasuk tempat yang istimewa.

”Buktinya istimewa, kalaian untuk menjadi penghuni Lapas prosesnya ternyata lama, seperti diseleksi saja, diawali dari kantor polisi, kejaksaan,lalu disidang di pengadilan, baru diterima oleh Lapas. Sedangkan saya mau masuk kesini saja diberi tanda tamu. Ini bukti bahwa Lapas Wirogunan adalah tempat yang istimewa. Jadi berdoalah saudara sebaik mungkin, karena Lapas Wirogunan adalah tempat yang baik untuk berdoa, dan insya Allah diijabah.” ucap Winasis dalam ceramahnya.  [AMBAR KUSUMA]

Filed in: Kabar Penjara Juli 2015

No comments yet.

Leave a Reply