Minggu, 6 Desember 2020 - 07:57 WIB

Nakes UPT PAS DIY Bahu Membahu Lawan Corona, Gelar Rapid Test bagi WBP Lapas Yogya

Sebagai wujud sinergitas pelaksanaan tugas dalam upaya perjuangan menangkal dan mencegah corona, gabungan petugas tenaga kesehatan (Nakes) pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di wilayah D.I. Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi D.I. Yogyakarta, Puskesmas Pakualaman, Polsek Pakualaman dan Koramil menggelar Rapid Test bagi seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta, sabtu (12/9/2020).

Kegiatan ini merupakan wujud tindaklanjut setelah Lapas Kelas IIA Yogyakarta menerima bantuan alat rapid test dari Dinas Kesehatan Provinsi D.I. Yogyakarta.
Turut berpartisipasi dalam rapid tes gabungan sebanyak 24 tenaga kesehatan dengan rincian 10 orang Nakes Lapas Kelas IIa Yogyakarta , 2 Nakes dari Rutan Bantul, 2 Nakes Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Yogyakarta. , 2 Nakes Rutan Wonosari, 3 Nakes Rutan Yogyakarta , 1 Nakes Lapas Perempuan Yogyakarta, 2 Nakes Lapas Narkotika dan 2 Nakes dari Lapas Kelas IIB Sleman.

“Alhamdulillah, dari hasil tes yang dilaksanakan, seluruh WBP menampilkan hasil non-reaktif. ” Ungkap dokter Novita Adibatul salah satu Nakes dari Lapas Yogyakarta yang turut andil dalam pelaksanaan kegiatan rapid test.Dokter Novita juga menegaskan bahwa hasil ini tidak akan menyebabkan pengawasan terhadap kesehatan para WBP akan mengendur. Segenap jajaran Nakes Lapas Yogyakarta beserta petugas lain memastikan akan terus bekerjasama menerapkan protokol kesehatan covid-19 di lingkungan Lapas Yogyakarta.

Dihubungi di tempat terpisah Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM D.I. Yogyakarta, Gusti Ayu Putu Suwardani menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para Nakes. Kegiatan yang melibatkan gabungan Nakes dari beberapa UPT ini menurut Gusti Ayu, merupakan bukti solidnya koordinasi dan sinergi antar Nakes UPT Pemasyarakatan dan juga dengan segenap jajaran instansi pemerintah lain yang terkait.

“Nakes UPT Pemasyarakatan merupakan garda terdepan dalam upaya melindungi kesehatn segenap WBP, petugas dan keluarga petugas. Semoga semua lelah para Nakes mendapat balasan pahala setinggi-tingginya dari Allah SWT.” ungkap Gusti Ayu.

(Humas Kemenkumham DIY – Jogja Pasti Istimewa)

( Sumber: https://jogja.kemenkumham.go.id )

Filed in: Kabar Penjara September 2020

No comments yet.

Leave a Reply