Senin, 28 September 2020 - 06:40 WIB

Menyambut Hari Idul Adha WBP Lapas Wirogunan Bertakbir di Mesjid Al-Fajar

img_8046

“Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar”

“Laa illaha illallahu Allah Huakbar”

“Allahu Akbar walilla ilham”

Setelah ibadah sholat Isa pada Minggu malam (11/09/2016) gema takbir menggema dimana-mana, begitu juga di Lapas Wirogunan. Sebanyak dua puluh enam warga binaan Pemasyarakatan (WBP) berkesempatan untuk bertakbir di Mesjid Al-Fajar yang berada di lingkungan Lapas.

Mereka sangat bersemangat dalam bertakbir, dan tampak wajah mereka bersuka cita. Ini situasi yang jarang mereka dapatkan. Sehari-hari bila sudah pukul empat mereka berada di kamar hunian hingga esok pagi. Tetapi pada malam takbiran menyambut Idul Adha mereka dapat melihat gelapnya langit bercahaya bulan dan bertabur bintang. Mereka pun dapat bertakbir di luar kamar walau dibatasi hingga pukul Sembilan malam. Sementara para WBP yang lain tetap di kamar mereka masing-masing.

Mereka bertakbir secara bergantian, dan diantara mereka ada yang membersihkan dan menyiapkan prasarana untuk pelaksanaan sholat Idul Adha esok pagi. Jito Sumarno dan Sukamto adalah petugas Lapas Wirogunan yang mendampingi kegiatan mereka. Keduanya tahu apa yang disukai para WBP, teh panas dan makanan ringan disiapkan oleh para petugas.
Sewaktu jam mendekati pukul Sembilan, takbir pun berhenti dan keluarlah makan malam berupa nasi Padang. Para WBP pun menyantap dengan lahap, karena menu seperti itu pun jarang mereka dapatkan. Selesai bersantap ruangan masjid kembali dibersihkan dan dicek kembali apa yang diperlukan untuk pelaksanaan  ibadah esok hari. Dirasa beres Jito Sumarno dan Sukamto pun mengajak para WBP kembali ke kamar mereka masing-masing.

Ambar Kusuma

 

Filed in: Kabar Penjara September 2016

No comments yet.

Leave a Reply