Menuju Lapas Bersinar, Lapas Yogyakarta Gelar Operasi Penggeledahan Gabungan

 Menuju Lapas Bersinar, Lapas Yogyakarta Gelar Operasi Penggeledahan Gabungan

Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Arimin, Bc.I.P., S.Pd. tengah memeriksa salah satu sudut wisma huni Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Ia memimpin langsung Operasi Penggeledahan Gabungan pada Kamis (26/8). | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta menggelar kegiatan Operasi Penggeledahan (OP) Gabungan dengan Petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) D.I. Yogyakarta, Komando Rayon Militer 05 Pakualaman, dan Kepolisian Sektor Pakualaman Yogyakarta pada Kamis (26/08).

Doa Bersama. Petugas Gabungan dari Satgas Kamtib Lapas Yogyakarta, TNI, Polri, dan BNNP DIY berdoa bersama sebelum melaksanakan Operasi Penggeledahan Gabungan pada Kamis(26/8). |Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Kegiatan diawali dengan apel pagi dipimpin oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Yogyakarta, Arimin, Bc.I.P., S.Pd. Dalam amanatnya, Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya deteksi dini mencegah peredaran gelap narkotika menuju Lapas Bersih dari Narkoba (Bersinar).

“Kegiatan penggeledahan ini kita laksanakan untuk mencegah peredaran gelap narkotika. Mudah-mudahan pegawai kita, warga binaan kita tetap bersih dari narkoba,” harap Arimin.

Senada dengan kalapas, Kepala BNNP D.I. Yogyakarta, Brigjen Pol. Andi Fairan, S.I.K., M.S.M. menyampaikan bahwa kegiatan operasi penggeledahan gabungan ini merupakan salah satu proses menuju Lapas Kelas IIA Yogyakarta yang Bersinar.

Salah seorang petugas dari BNNP DIY tengah memeriksa bungkusan di salah satu wisma huni WBP. |Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

“Ini salah satu proses dalam rangka mendeklarasikan Lapas Wirogunan untuk Bersinar. Saya sangat mendukung program ini, sehingga kalau saja selama ini Lapas dianggap menjadi pasar atau tempatnya operator menggendalikan narkotika di luar, kita berharap Yogyakarta tidak ada seperti itu,” ujar Brigjen Pol Andi.

Kepala BNNP D.I. Yogyakarta juga menaruh harapan terhadap Lapas Kelas IIA Yogyakarta tetap bersih dari narkoba dan mengajak untuk memerangi peredarannya.

Salah seorang WBP mununjukkan alat pengambilan sampel tes urine. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

“Saya yakin ini bisa, Lapas Wirogunan untuk steril dan bersih dari Narkotika. Kalau kita semua bersama-sama mendukung untuk steril dari peredaran gelap atau penggunaan narkotika. Mari kita bersama-sama perang terhadap narkotika,” ajaknya.

Dari OP Gabungan yang dimulai sejak 08.30 WIB tersebut, tidak ditemukan satupun narkotika di dalam Lapas. Petugas gabungan hanya menemukan sejumlah peralatan yang potensial dapat disalahgunakan oleh warga binaan.

Seorang Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menunjukkan barang bukti hasil operasi kepada rekan media yang saat itu tengah meliputnya. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Dalam kesempatan itu pula, Kalapas dan jajarannya melaksanakan komitmennya menekan kasus penyalahgunaan narkoba dengan tes urine kepada pegawai dan warga binaan di Balai Kesehatan Lapas.

Hasil dari tes urine untuk pegawai dan warga binaan tidak ditemukan indikasi penyalahgunaan narkoba.[TPH, HT]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content