Marhaban Yaa Ramadhan Narapidana Lapas Wirogunan Yogyakarta Menyambut Gembira

 Marhaban Yaa Ramadhan  Narapidana Lapas Wirogunan Yogyakarta Menyambut Gembira

 

Bulan Ramadhan 1440 H telah tiba.Umat muslim seluruh dunia menyambut dengan rasa syukur, karena bulawn Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat. Selama sebulan umat Islam menunaikan ibadah puasa.

Para narapidana (warga binaan Pemasyarakatan) pun menyambut gembira. Minggu (05/05/2019) di hari pertama sholat Tarawih, sebanyak 147 narapidana melaksanakan sholat Isa dan Tarawih di Masjid Al-Fajar Lapas Kelas IIA Yogyakarta (Lapas Wirogunan). Heriyanto selaku Kepala Seksi Binadik menyatakan bahwa kegiatan ini selain sebagai perwujudan dari hak-hak narapidana juga merupakan bagian dari pembinaan kepribadian yang rutin dilakukan di Lapas Wirogunan setiap bulan Ramadhan. Tidak seluruh WBP keluar untuk sholat Tarawih, tetapi mereka diatur secara bergantian. Dari seluruh blok hunian yang ada, narapidana dari separuh blok melakukan ibadah, dan narapidana dari separoh blok sisanya melakukan ibadah Tarawih pada hari berikutnya. Bergantian selama bulan Ramadhan. Mereka yang tidak ibadah di Masjid Al-Fajar melakukan sholat di kamar masing-masing.

Walau hanya keluar sebentar, kegembiraan terpancar pada diri narapidana. Terutama bagi mereka yang baru pertama kalinya menjalankan ibadah di bulan Ramadhan untuk yang pertama kalinya. Pada saat seperti inilah mereka berkesempatan melihat langit malam hari dengan tebaran bintang-bintang.. Hal yang mungkin tidak terpikirkan untuk orang-orang yang di luar Lapas. Tetapi bagi narapidana ternyata itu hal yang sulit mereka dapatkan. Setelah masuk kamar sore hari, sulit mereka melihat bintang. Ada sebagian kamar yang dapat melihat langit malam dan bintang  melalui fentelasi udara.

Sholat Tarawih pertama dipimpin oleh Ustadz Agus Prakosa dari KUA Pakualaman, yang sekaligus memberikan tauziah yang tidak boleh lebih dari pukul 20.05 WIB. Sebanyak 15 narapidana diberi kesempatan melakukan tadarus di Masjid Al-Fajar selepas sholat Tarawih hingga pukul 09.00 WIB.

Selama sebulan di bulan Ramadhan Masjid Al-Fajar Lapas Wirogunan Yogyakarta akan terdengar suara ayat-ayat Al-Quran yang dilantunkan para narapidana terpilih.

(AK 06052019)

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.