Minggu, 6 Desember 2020 - 07:58 WIB

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Melakukan Studi Pekerjaan Sosial di Lapas Kelas Kelas IIA Yogyakarta

 

Delapan puluh satu mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan  Kesejahteraan Sosial pada hari Sabtu (29/02/2020) melakukan studi lapangan di Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Kunjungan ini mereka lakukan karena Lapas yangmerupakan tempat narapidana di bina merupakan salah satu setting dari Pekerja Sosial yang dikenal dengan sebutan Pekerjaan Sosial Koreksional.

Angga Satrya selaku Kepala Subsi Bimkemaswat mewakili Kepala Lapas Yogyakarta menjelaskan  tentang program-program kegiatan bagi narapidana antara lain berupa program pembinaan, pengamanan, perawatan, kesehatan, dan juga kunjungan.

Selain kegiatan kunjungan yang merupakan program unggulan, Angga juga menjelaskan tentang kegiatan pendidikan Qur’an di Madrasah Al Fajar sebagai program unggulan lain di Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

Para mahasiswa juga mendapat informasi tambahan dari Ambar Kusuma  tentang Sejarah Lapas Kelas IIA Yogyakarta yang dikenal dengan Lapas Wirogunan dan telah ada sejak jaman kolonial Belanda. Sebagai  seorang Pekerja Sosial Ambar Kusuma berkesempatan memberikan pengetahuan praktis kepada para mahasiswa tentang praktek Pekerjaan Sosial koreksional di Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Selain itu Ambar bersama Indras dan Tika yang merupakan Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas  memberikan sosialisasi kepada mahasiswa tentang tekad Lapas Kelas IIA Yogyakarta menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Ketiganya mengajak para mahasiswa untuk mendukung  Lapas Kelas IIA Yogyakarta untuk mewujudkan tekad tersebut. Satu contoh  diutarakan para tim kerja adalah melaporkan perbuatan oknum bila ada yang melakukan pungutan liar melalui media pengaduan yang telah disediakan Lapas  Kelas IIA Yogyakarta. Diakhir sosialisasi, Tika yang merupakan Duta Zona Integritas Lapas Kelas IIA Yogyakarta mengajak para mahasiswa untuk melakukan yel-yel dengan penuh semangat.

“Lapas Yogyakarta!”

“Pasti Pasti Pasti WBK!”

(AK 29022020)

 

Filed in: Kabar Penjara Februari 2020

No comments yet.

Leave a Reply