Selasa, 11 Mei 2021 - 16:37 WIB

Lulus Ujian Skripsi, Warga Binaan Lapas Yogyakarta Segera Bergelar Sarjana

YOGYAKARTA – Tiga dosen penguji dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memutuskan bahwa Dwi Suhartoyo, Warga Binaan Lapas Yogyakarta lulus ujian skripsi dengan beberapa revisi/perbaikan. Kegembiraan tampak terpancar di wajah Dwi pada Jumat (22/01) pagi.

Sidang skripsi dilaksanakan langsung di lapas dengan penguji diantaranya Bambang Sulistyo, Ibnu Siswanto, dan Zainal Arifin.

Acara diawali dengan presentasi Dwi dihadapan tiga dosen penguji yang dilaksanakan dengan lancar. Dwi pun mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya secara baik atas pertanyaan-pertanyaan tim penguji.

Hari itu tidak hanya Dwi yang bahagia, kelegaan juga terlihat dari Ambar Kusuma selaku Wali Pemasyarakatan, dan Sukamto, Kepala Sub Seksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (Ka Subsi Bimaswat).

“Momen ini berkat kerja sama yang baik antara Lapas Yogyakarta dan pihak universitas. Kita mafhum, sebuah perjuangan yang tidak ringan harus ditempuh Dwi dalam menyelesaikan pendidikannya,” ujar Ambar.

Selesai ujian, secara seremonial Kasubsi Bimaswat mengenakan slempang ke Dwi Suhartoyo dan memberikan bouquet bunga sebagai ucapan selamat atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan.

“Terima kasih saya haturkan kepada Lapas Yogya dan Pak Ambar Kusuma yang telah membekali saya dengan ilmu dan motivasi, sehingga saya bisa melalui ujian ini dengan baik,” ujar Dwi yang akan menyandang gelar Sarjana Pendidikan Teknik Mesin.

Selepas penyelenggaraan sidang skripsi para dosen penguji berkesempatan melihat langsung kegiatan Warga Binaan di Lapas Yogyakarta. Ketakjuban terlihat setelah mengetahui banyaknya kegiatan Pembinaan di Lapas Yogyakarta, terutama pada program pembinaan intelektual seperti penyelenggaraan Pendidikan Paket B dan Paket C yang dikerjasamakan dengan Sanggar Kegiatan Belajar kota Yogyakarta. Serta penyelenggaraan pendidikan Madrasah Quran yang dikerjasamakan dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta.
Selain itu ruang bengkel kerja Lapas Yogyakarta yang luas dan memiliki beberapa unit kerja menggugah mereka untuk ikut memberikan pembinaan bagi WBP.

Penulis: AK

Editor: HT

Filed in: Kabar Penjara Januari 2021

No comments yet.

Leave a Reply