Selasa, 22 September 2020 - 16:51 WIB

Lions Clubs Yogyakarta Memeriahkan Hari Kartini di Lapas Wirogunan Empat Orang WBP Status WNA kenakan kebaya

101_7450

Lions Clubs Yogyakarta dalam rangka memperingati Hari Kartini  menyelenggarakan bakti sosial di Lapas Wirogunan  pada hari Sabtu (23/04/2016). Lapas Yogyakarta sendiri telah mengadakan lomba yang diadakan beberapa hari sebelumnya seperti olah raga Voli dan senam Poco-Poco, serta gerak jalan di tempat. Sedangkan final lomba menyanyi dan peragaan busana diadakan bersamaan pada puncak  peringatan Hari Kartini.

Hampir seluruh  WBP wanita mengenakan kebaya. Pagi-pagi sekali mereka dengan antusias  berdandan. Kekompakan dan keakraban mereka tampak sekali dengan saling membantu dalam berdandan.

Menyanyi merupakan lomba pertama yang diselenggarakan. Mereka yang tampil adalah WBP wanita dan pria yang masuk final setelah melewati babak penyisihan. Selesai menyanyi dilanjutkan dengan fashion show. Tanpa terkecuali seluruh WBP harus tampil berlenggak-lenggok memperagakan pakaian yang mereka kenakan.

Suasana menjadi seru, karena hanya sebagian kecil yang memiliki keberanian untuk tampil. Selebihnya, ada yang harus dipanggil beberapa kali, didorong, berjalan dengan tergesa-gesa, bahkan ada yang hanya beberapa langkah sudah balik kembali dengan cepat ke tempat duduknya.

Diantara WBP wanita, empat WBP Warga Negara Asing juga mengenakan kebaya. Mereka semua ikut bersenang-senang dan juga tampil memperagakan busana. WBP dari India tampil ke depan, dan dengan kata-kata agak sulit dia menyebutkan dirinya,”Saya nama Ester dari India.” Karuan teman-temannya bertepuk tangan atas usahanya melafalkan bahasa Indonesia.

Lain lagi dengan Mary Jane dari Filipina. WBP yang sangat dikenal baik di dalam maupun di luar Lapas karena kasus narkoba dan hukuman matinya. Dia memang berbakat di bidang seni, sehingga dengan percaya dilangkahkan kakinya dengan gemulai dan bibir  mereka penuh keceriaan.

Tepuk tangan kembali bergemuruh ketika Mama Kim, wanita tua dari Vietnam tampil dan mengucapkan dengan kata-kata yang juga sulit,”Nama chaya……….

WBP WNA terakhir yang tampil adalah Nguyen, juga dari Vietnam. Tampil percaya diri dengan lenggak-lenggoknya, dan menyebut namanya dengan suara yang terdengar lucu bagi yang pertama mendengarnya.

Seperti perayaan tahun lalu, kemeriahan peringatan hari Kartini di Lapas Wirogunan berkat dukungan “Lions Clubs Yogyakarta”. Dipimpin oleh Wakil Presidennya Arman Yahya, mereka bersedia menjadi juri, menyediakan hadiah bagi para pemenang lomba serta pemberian doorprice. Tentu saja satu yang paling disenangi para WBP, yaitu konsumsi yang disediakan Lions Clubs dan dirasa mewah oleh para WBP, termasuk salah satunya bakso,makanan yang sulit WBP dapatkan selama di dalam Lapas.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara April 2016

No comments yet.

Leave a Reply