Lapas Yogyakarta Zero COVID-19, Kalapas Sampaikan Apresiasi

 Lapas Yogyakarta Zero COVID-19, Kalapas Sampaikan Apresiasi

Kalapas Yogyakarta (berdiri) saat memimpin langsung kegiatan olah raga dan berjemur pagi bersama WBP di lapangan dalam Lapas Kelas IIA Yogyakarta. | Foto: Dok. Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Yogyakarta, Arimin, Bc.I.P., S.Pd., menyampaikan rasa terima kasihnya atas keberhasilan satuan tugas (satgas) internal di jajarannya sehingga saat ini Lapas Kelas IIA Yogyakarta zero dari Covid-19 pada Rabu (25/08).

“Alhamdulillah sejak Senin 24 Agustus 2021 kemarin, Lapas Yogyakarta dinyatakan zero Covid-19,” jelas Kalapas.

Tim Satgas Covid-19 dari Balai Kesehatan Lapas Yogyakarta tengah melakukan tes swab terhadap 1 orang WBP. Tes ini adalah salah satu metode yang dilakukan oleh tenaga medis untuk mendeteksi keberadaan virus atau bakteri penyebab penyakit. | Foto: Dok. Humas Lapas Yogyakarta

Sebelumnya, dalam 2 (dua) bulan terakhir sebanyak 96 orang warga binaan dan 18 orang petugas terpapar Covid-19. Upaya dan langkah progresif telah dilaksanakan oleh pihak Satgas Covid-19 Lapas Kelas IIA Yogyakarta dalam penindakan dan penanganan.

Lebih lanjut kalapas menyampaikan upaya-upaya tersebut diantaranya, tes swab kepada kepada seluruh warga binaan dan petugas, mengarantina warga binaan yang terpapar di Wisma Isolasi, penyemprotan disinfektan setiap hari di seluruh lingkungan lapas, pembagian mulitivitamin penambah daya tahan tubuh, pemantauan asupan gizi makan, pemantauan kesehatan secara intensif, berjemur dan olah raga setiap hari serta memberlakukan pembatasan kegiatan di lingkungan Lapas Kelas IIA Yogyaakarta.

Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta juga menyampaikan bahwa penanganan Covid-19 di lingkungannya tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari Kementerian Hukum dan HAM RI, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Pemprov DIY dan dinas terkait serta para stake holder.

Tim Medis Balai Kesehatan Lapas Yogyakarta tengah memberikan tambahan vitamin kepada WBP. Pemberian vitamin tambahan adalah salah satu upaya meningkatkan sistem imun.|Foto: Dok. Humas Lapas Yogyakarta

“Saya sampaiakan terima kasih kepada semua petugas yang telah bahu-membahu dalam memerangi Covid-19 selama kurun waktu terakhir ini. Saya juga menghaturkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Menteri Hukum dan HAM, Bapak Kakanwil, Ibu Kadivpas, Dinas Kesehatan, dan semua Dinas terkait yang telah memberikan support dan bantuan sarpras untuk penanganan Covid-19,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kalapas juga menyampaikan masih berlakunya pengetatan prosedur masuk di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali.

“Dengan kondisi saat ini, jangan sampai kita lemah dan terlena sehingga ada warga binaan atau petugas yang terpapar kembali. Oleh karena itu, kita (lanjut) perketat prosedur masuk di lingkungan Lapas Yogyakarta, dengan prosedur keamanan dan prokes ketat. Itu berlaku untuk semuanya baik pegawai, tamu, atau WBP tanpa kecuali,” tegas Kalapas. [TPH]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content