Lapas Yogyakarta Sulap Lahan ‘nganggur’ Menjadi Lahan Produktif

 Lapas Yogyakarta Sulap Lahan ‘nganggur’ Menjadi Lahan Produktif

Lahan yang lama terbengkalai, kini kembali menjadi area Pelatihan Keterampilan Pertanian.| Foto: Reka/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta memaksimalkan lahan yang lama terbengkalai dengan melatih Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam bidang pertanian, yaitu menanam cabai, Rabu (23/3).

Kepala Seksi (Kasi) Kegiatan Kerja (Giatja) Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Wachid Kurniawan Budi Santoso, menyatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan keterampilan bagi WBP dalam mengolah dan memanfaatkan kembali lahan pertanian, sehingga lahan yang sebelumnya lama ditumbuhi ilalang, menjadi area pelatihan kemandirian kembali.

“Kami maksimalkan untuk lahan-lahan kosong ditanami tanaman yang bermanfaat dan sekaligus memberikan pengalaman, keterampilan bagi WBP dengan mengolah lahan, menanam, merawat, dan nantinya dapat memanen hasil kebun sendiri,” jelasnya.

Seorang petugas tengah memeriksa bibit tanaman.| Foto: Reka/ Humas Lapas Yogyakarta

Lebih lanjut, Wachid berharap dengan memberikan materi ilmu pertanian, dapat dipraktikan secara benar dan berkelanjutan baik di dalam Lapas maupun ketika sudah bebas.

“Semoga dari memanfaatkan lahan ini, sedikit demi sedikit WBP mampu menyerap ilmunya dan mempraktikkan keterampilan tersebut ketika sudah bebas nanti,” pungkasnya. [RAP]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.