Lapas Yogyakarta Deklarasikan Lapas Bersih dari Narkoba

 Lapas Yogyakarta Deklarasikan Lapas Bersih dari Narkoba

Kepala Lapas Yogyakarta saat menerima langsung predikat Lapas Bersinar secara simbolis dari Wamenkumham RI. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

SLEMAN – Apresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beserta 16 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berkomitmen untuk perang melawan narkoba (war on drugs) dan mendeklarasikan Bersih dari Narkoba (Bersinar), ini pertama di Indonesia.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Edward O.S. Hiariej saat menghadiri Apel Siaga dan Deklarasi Stop Narkoba Menuju UPT Kemenkumham DIY Bersinar, Kamis (30/9).

“Oleh karena itu, saya memang harus datang karena ini yang pertama dan semoga ini bisa ditularkan ke Lapas dan UPT lainnya di Indonesia,” lanjutnya.

Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Edward O.S. Hiariej saat menyampaikan sambutannya. | Foto: Manggala/ Humas Lapas Yogyakarta

Salah satu UPT yang mendeklarasikan ‘Bersinar’ pada acara tersebut adalah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta. Deklarasi ini dilaksanakan bersama 15 UPT Kanwil Kemenkumham DIY lainya. Arimin selaku Kepala Lapas Yogyakarta menandatangani Deklarasi dengan disaksikan Kepala Kanwil Kemenkumham DIY dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DIY.

Sebelumnya telah dilaksanakan Operasi Gabungan dan tes urine bersama BNN, Kepolisian dan TNI secara berkelanjutan di Lapas tersebut. Terakhir pada Selasa (28/9) Operasi Penggeledahan Gabungan dan Tes Urine bagi warga binaan kembali digelar oleh Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Hasilnya, tidak ditemukan indikasi penyalahgunaan narkoba di Lapas tersebut.

Kepala Lapas Yogyakarta, Arimin tengah menandatangani Deklarasi disaksikan Kakanwil Kemenkumham DIY dan Kepala BNNP DIY.| Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Senada, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, Brigjen Pol. Andi Fairan dalam sambutannya mengapresiasi atas pencapaian Lapas Bersinar. Ia mengatakan bahwa sinergisitas seluruh elemen menjadi kunci utama tercapainya predikat ini.

“Untuk mewujudkan UPT Pemasyarakatan Bersih dari Narkoba dibutuhkan sinergisitas seluruh personel. Mari kita sukseskan Indonesia bebas dari Narkoba,” ajak Andi Fairan.

Apel Siaga dan Deklarasi bersama yang dilaksanakan di Lapas Kelas IIB Sleman ini, turut dihadiri Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir, Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjen Pemasyarakatan, Abdul Aris, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani, dan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. [HT]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.