Minggu, 11 April 2021 - 07:55 WIB

Lapas Yogyakarta Berkomitmen Wujudkan Lapas Bebas Asap Rokok dan Halinar

Rombongan berfoto bersama di sela-sela kunjungan studi tiru di LPN Yogyakarta. | Foto: TPH

 

SLEMAN – Komitmen Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta dalam mewujudkan Lapas Bebas dari Asap Rokok dan Halinar terus dilakukan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Lapas Yogyakarta dengan mengadakan studi tiru ke Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (LPN) Kelas IIA Yogyakarta, Kamis (01/04).

Seperti yang telah diketahui, Lapas Narkotika Yogyakarta menjadi salah satu pilot project Lapas Bersinar, Lapas Bersih dari Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Rombongan berjumlah 18 personel terdiri dari pejabat struktural, komandan jaga dan staf dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Yogyakarta, Arimin, Bc.I.P., S.Pd.
Mereka tiba pukul 14.00 WIB di Lapas Narkotika Yogyakarta.

“Maksud dari kedatangan kami untuk bertukar informasi dengan Lapas Narkotika Yogyakarta agar dapat diterapkan di Lapas Wirogunam Yogyakarta, guna mewujudkan Lapas Bebas Asap Rokok dan Halinar”, ujar Kepala Lapas Yogyakarta.

Kepala Lapas Yogyakarta saat mengunjungi salah satu produk WBP LPN Yogyakarta. | Foto: TPH

Sementara itu Lapas Narkotika Yogyakarta menunjuk Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka. KPLP), Hari Kurniawan untuk memberikan gambaran umum tentang lingkungan Lapas Narkotika Yogyakarta.

Rombongan diajak meninjau lingkungan Lapas Narkotika. Mulai dari blok dapur, blok kemandirian kerja, hingga masuk ke blok hunian.

“Kuncinya adalah disiplin, bapak. Baik petugas maupun warga binaan. Semua warga binaan harus benar-benar terpantau dan taat pada aturan yang ada,” ujar Hari.

Hari Kurniawan juga menunjukkan tentang aturan-aturan area bebas asap rokok serta bagaimana siasat menanggulangi halinar di dalam blok hunian.

Penulis: ASAP
Editor: HT

Filed in: Kabar Penjara April 2021

No comments yet.

Leave a Reply