Minggu, 6 Desember 2020 - 07:31 WIB

Lapas Wirogunan Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2017

 

Senin pagi (30/10/2017), di  Lapangan Lapas Wirogunan sudah terhimpun beberapa pasukan yang terdiri dari dua pleton Warga Binaan Pemasyarakatan, satu pleton pegawai dan satu pleton pejabat struktural. Mereka akan melaksanakan upacara peringatan Hari Dharma Karyadhika  tahun 2017. Menariknya seluruh pegawai Lapas Wirogunan yang mengikuti upacara mengenakan pakaian adat, yang sebagian besar mengenakan pakaian adat Jawa/Yogyakarta. Pakaian lurik dengan mengenakan jarik cukup dominan dikenakan pegawai laki-laki. Sementara pegawai wanita banyak mengenakan kebaya yang sudah dimodifikasi dengan setelan kekinian.

Satrio Waluyo, kepala Lapas Wirogunan menjadi Inspektur Upacara. Tampak gagah mengenakan pakaian adat Yogyakarta berupa baju sorjan berdiri di mimbar dengan latar belakanglogo “Kepala Kuda” dengan tulisan “Kerja Bersama Kami Pasti Melayani”.

Diawal upacara, seorang petugas membacakan sejarah singkat Kementerian Hukum dan HAM, yang ternyata merupakan salah satu kementerian pertama yang ada saat Indonesia terbentuk, dengan nama awal Departemen Kehakiman.

Pada pembacaan sambutan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia oleh Inspektur Upacara, tertera salah satu pesan tentang pentingnya membaca dan menulis. Dinyatakannya bahwa membaca merupakan salah satu cara yang mudah dan murah yang bisa dilakukan seluruh lapisan masyarakat untuk meng-upgrade pengetahuannya. Sedangkan menulis dapat menginspirasi orang lain melalui tulisan-tulisan yang dibuat. Membaca dan menulis membuat orang dapat menemukan banyak hal-hal yang unik dan menarik, sekaligus memperluas ilmu pengetahuan dan wawasan berfikir, maka budaya ini perlu juga ditumbuhkan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)

Pakaian adat tidak setiap hari dikenakan, momen jarang ini pun dijadikan ajang foto bersama oleh seluruh pegawai Lapas Wirogunan yang mengenakan pakaian adat. Walau mengenakan pakaian adat sendiri, tetapi justru dirasa wah oleh sebagian besar pegawai.

(AK 30102017)

 

Filed in: Kabar Penjara Oktober 2017

No comments yet.

Leave a Reply