Laksanakan Deteksi Dini, Lapas Yogyakarta Gelar Pemusnahan Barang Hasil Razia

 Laksanakan Deteksi Dini, Lapas Yogyakarta Gelar Pemusnahan Barang Hasil Razia

Kepala Lapas Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, tengah memulai pemusnahan barang-barang larangan hasil razia wisma hunian WBP selama 6 bulan terakhir. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta melaksanakan kegiatan pemusnahan barang bukti hasil razia atau penggeledahan wisma hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Senin (26/9). Kegiatan yang merupakan bagian dari peningkatan kewaspadaan dan deteksi dini itu, dilaksanakan dengan tujuan mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

“Ini sebagai wujud komitmen kami terkait deteksi dini dan juga pemberantasan narkoba dan barang-barang terlarang lainnya yang nantinya dapat mengakibatkan atau memunculkan gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Yogyakarta,” tutur Kepala Lapas Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo.

Lebih lanjut Soleh menjelaskan bahwa pemusnahan barang terlarang dengan cara dibakar tersebut merupakan hasil dari razia rutin dan insidental pada wisma hunian WBP selama 6 bulan terakhir.

“Kami laksanakan setiap semester sekali, itu untuk pemusnahan barang-barang terlarang, sedangkan untuk razia kami laksanakan dua sampai tiga kali, di luar dari (razia) insidental. Ini menjadi komitmen dari Lapas Yogyakarta dalam mewujudkan ‘Lapas Yogyakarta Bersinar Hatinya’ yakni Bersih dari Narkotika, Handphone, dan Piranti Lainnya’,” ungkap Kalapas.

Kalapas juga mengungkapkan bahwa selama melaksanakan razia, pihaknya berpedoman pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 29 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara. Menutup kegiatan pagi itu, kalapas berharap Lapas Yogyakarta selalu dalam keadaan aman dan tertib.

“Saya berharap ini menjadi kegiatan yang terus berkesinambungan, dan semoga Lapas Kelas IIA Yogyakarta selalu dalam kondisi aman dan tertib,” harapnya.

Turut hadir menyaksikan kegiatan tersebut seluruh Pejabat Struktural Eselon IV dan Eselon V serta para pegawai peserta apel pagi. [ HT]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to content