Kunker Kemenko Polhukam di Lapas Yogyakarta, Monitoring dan Koordinasi Pengawasan Narkoba

 Kunker Kemenko Polhukam di Lapas Yogyakarta, Monitoring dan Koordinasi Pengawasan Narkoba

YOGYAKARTA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta ditunjuk menjadi tuan rumah kegiatan monitoring dan koordinasi pengawasan Narkoba dan Rencana Aksi Nasional (RAN) pada Kamis (23/9). Rencana aksi ini terkait Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekusor Narkotika pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di D.I. Yogyakarta.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Penanganan Kejahatan Trans Nasional Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kombes Pol Drs. Etiko Parmatohadi, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mewujudkan efektifitas koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian (korsidal) pelaksanaan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang RAN P4GN.

“Mengkorsidalkan kementerian, terutama yang di bawah koordinasi Menkopolhukam untuk bersama-sama secara sinergis melaksankan berbagai kebijakan dari pusat, RAN P4GN salah satunya,” jelasnya.

Senada, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) D.I. Yogyakarta, GAP. Suwardani menyampaikan bahwa pemberantasan narkoba di wilayah kerjanya telah bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

Kepala Lapas Yogyakarta, Arimin (paling kiri) kepada Tim dari Kemenko Polhukam tengah menyampaikan SOP pelayanan kepada masyarakat selama pandemi berlangsung. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

“Khususnya dengan BNN dan Polri, di Yogyakarta luar biasa pak, jadi kami sepakat untuk perang melawan narkoba,” tegasnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa adanya program dari Badan Narkotika Nasional (BNN) yaitu Lapas-Rutan Bersih dari Narkoba (Bersinar), laiknya gayung bersambut, karena Direktorat Jenderal Pemasyarakatan telah mencanangkan program senada untuk lapas dan rutan se-Indonesia.

“Bapak tidak salah datang ke Yogyakarta, karena kami berkomitmen dan telah menyatakan perang terhadap narkoba,” tegas Kadivpas.

Kadivpas juga menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan untuk membersihkan lapas-rutan di Yogyakarta bersih dari narkoba.

“Selain 6 lapas-rutan yang sudah berpredikat bersinar, rencananya nanti tanggal 30, kita akan deklarasikan kembali untuk 3 UPT termasuk Lapas Wirogunan Yogyakarta. Saat ini masih kita kejar operasi-operasi gabungan,” jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Lapas Yogyakarta tersebut selain dihadiri Kepala Lapas Yogyakarta selaku tuan rumah, hadir pula Kepala Lapas Narkotika Yogyakarta, Kepala Lapas Sleman, dan Kepala Lapas Perempuan Yogyakarta.

Kegiatan diakhiri dengan memeriksa data dan memantau langsung di Lapas Yogyakarta. Adapun data yang didapat, akan digunakan sebagai bahan rekomendasi dalam menentukan kebijakan, khususnya dalam program P4GN. [HT]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.