Rabu, 30 September 2020 - 02:08 WIB

Kunjungi Lapas Wirogunan Nyonya Amir Syarifudin Pesan Batik buatan Mary Jane

  dscn7929

Hari Rabu siang (10/08/2016) Lapas Wirogunan dikunjungi Nyonya Amir Syarifudin, istri mantan Menteri Hukum dan HAM beserta rombongan. Aktivis wanita ini rupanya tertarik dengan hasil dari kegiatan ketrampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Sewaktu memasuki Lapas Wirogunan mereka langsung menuju Bengkel Kerja. Tampak rasa senangnya karena di Lapas Wirogunan sarat dengan kegiatan. Membuat box kado adalah ketrampilan pertama yang dilihatnya. Nyonya Amir langsung diberi penjelasan oleh Suherman, Kepala Lapas Wirogunan bahwa pembuatan box kado merupakan hasil kerja sama dengan “Margaria Group”. Perusahaan ini yang mengajarkan WBP, menyediakan bahan baku, dan mengontrol hasil produksi. Selanjutnya barang yang lolos seleksi dipasarkan oleh Margaria Group. WBP melalui Lapas Wirogunan mendapatkan jasa dari pembuatan box kado tersebut.

Menjahit, pertukangan,, las, kerajinan kulit, sablon adalah kegiatan yang juga ditinjau oelh Nyonya Amir Syarifudin beserta rombongan.

Hal lain yang menarik bagi mereka adalah melihat kerajinan membatik yang dikerjakan oleh para WBP wanita. Salah satu WBP adalah Marry Jane, terpidana  mati berwarga negara Filipina. Beberapa pertanyaan mereka ajukan, dan dengan semangat Mary menjawab setiap pertanyaan. Hal yang membahagiakan WBP, Nyonya Amir Syarifudin  memesan batik tulis buatan Mary Jane dan teman-temannya sesama WBP, dengan ketentuan kualitas kainnya yang baik, sedangkan Motifnya diserahkan sepenuhnya kepada WBP. Hasil batik buatan mereka akan dipamerkan di Jakarta pada bulan Oktober 2016. Mary Jane dan teman-temannya langsung menyanggupi dengan mata berbinar.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara Agustus 2016

No comments yet.

Leave a Reply