Senin, 21 September 2020 - 21:51 WIB

Kunjungan Hari Raya di Lapas Yogya, Syarat Dipermudah Pengamanan Diperketat

Kunj Hr Ry Idl Fitr 1436 - Husni Tamrin (4)

Suasana haru dan gembira para WBP dengan sanak saudaranya bercampur aduk pada Kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1436 H Lapas Wirogunan, Selasa (21/7).

Suasana haru dan gembira para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bercampur aduk menyelimuti ruang kunjungan Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Suasana tersebut terjadi saat para WBP bertemu dengan sanak saudara dalam rangka Kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Selasa (21/7).

Kunjungan khusus dalam rangka Hari Raya Idul Fitri ini dimulai pada Senin (20/7) dan Selasa (21/7). Dari data yang diperoleh, pada bagian pendaftaran kunjungan tercatat total 563 orang pendaftar, dengan rincian 332 orang pada hari pertama dan 231 orang pada hari kedua. Adapun setiap pendaftar dapat membawa maksimal 6 orang. Sehingga ada lebih dari 2500 orang pengunjung memanfaatkan momen tersebut untuk mengunjungi sanak saudaranya yang menjadi WBP.

Adapun perbedaan pada kunjungan lebaran dengan kunjungan hari biasa. Salah satunya adalah waktu kunjungan yang lebih panjang. Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Zaenal Arifin mengatakan, “Kunjungan khusus ini kami berikan waktu dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00. Kalau biasanya kan mulai pukul 08.00 sampai pukul 11.00 saja.”

Kebijakan tersebut disampaikan oleh Zaenal sebagai bentuk nyata dalam memberikan pelayanan kepada WBP dan keluarganya untuk merayakan lebaran seperti masyarakat pada umumnya. Selain itu pihaknya juga menyiapkan tim khusus untuk penerimaan pengunjung, yang terdiri dari seluruh pejabat struktural.

Meskipun terdapat beberapa kebijakan yang mempermudah, namun ketatnya pengamanan tetap dilakukan. Selain penggeledahan berlapis untuk barang bawaan dan badan, tak henti-hentinya petugas pintu utama memperingatkan pengunjung untuk tidak membawa uang tunai, dompet, tas, telpon seluler, dan memakai jaket sebelum penggeledahan.

Selain itu untuk pengamanan pelaksanaan kunjungan khusus itu, Lapas Kelas IIA Yogyakarta juga bekerjasama dengan Polresta Yogyakarta. Terpantau selama dua hari diselenggarakan, kunjungan khusus Hari Raya Idul Fitri berjalan tertib dan aman.

[ HUSNI TAMRIN ]

Filed in: Kabar Penjara Juli 2015

No comments yet.

Leave a Reply