Kumham Strong Against Cov-19!

 Kumham Strong Against Cov-19!

 

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Kuat Melawan Covid-19

#SobatElWiro, kasus Covid-19 di Indonesia kini menembus rekor baru. Per 23 Juni 2021 lalu, terkonfirmasi lebih dari 15.000 kasus harian. Melonjaknya kasus ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti seringnya berkerumun dan tidak taat protokol kesehatan, serta hadirnya varian baru, seperti Alpha dan Delta yang memiliki tingkat penyebaran lebih tinggi.

Nah, bagi #SobatElWiro maupun kerabatnya jika baru-baru ini ada yang terpapar Covid-19, baik itu setelah bepergian ke negara/daerah berisiko tinggi, atau setelah kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi Covid-19, segera lakukan karantina mandiri walaupun kita merasa sehat-sehat saja.

Ketika kita melakukan karantina mandiri, tetap patuhi protokol kesehatan supaya bisa mencegah potensi penularan Covid-19 lebih lanjut, dan melindungi yang tersayang dan mereka yang berada di sekitar kita. Terus, kira-kira kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan tes swab?

Menyitir dari laman https://covid19.go.id, jika melakukan tes swab PCR, lakukanlah 8 hari setelah terpapar atau 3-5 hari setelah muncul gejala. Beda lagi dengan tes swab Antigen yang baiknya dilakukan 5 hari setelah terpapar atau 1-5 hari setelah muncul gejala. Jika tidak bergejala, maka perkiraan waktu tes swab dihitung dari kapan waktu terpapar.

Menurut anjuran WHO, hasil tes negatif diulang jika ternyata masih mengalami gejalanya, atau muncul gejala setelah hasil tes keluar, atau ketika masih punya kecurigaan kuat terinfeksi Covid-19. Nah diulangnya 3-7 hari kemudian.

Kemudian untuk dapat membantu penanganan Covid-19, yuk kita pahami bersama, apa sih yang dimaksud dengan tracing atau pelacakan kontak Covid-19? Tracing adalah proses mencari dan memantau pihak yang kontak dengan orang yang terinfeksi Covid-19 (kontak erat), yang bertujuan memutus rantai penularan Covid-19 di masyarakat.

Tracing sendiri dilakukan oleh petugas (tracer) seperti petugas kesehatan, maupun elemen masyarakat (satlinmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, kader karang taruna, PKK, dan relawan lainnya) yang telah mendapatkan pelatihan. Jadi ngga sembarangan ya sob.

Terakhir, menurut para ahli, disiplin diri untuk melakukan 5M, serta mengikuti program vaksinasi, masih menjadi cara ampuh untuk menghindari penularan Covid-19. Yuk #SobatElWiro semua, mari secara kompak, disiplin, dan konsisten dalam melakukannya!

Untuk informasi terkait Covid-19, #SobatElWiro bisa mengunjungi situs resmi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id yaa. Kumham Strong Against Cov-19!

[Tim Humas Lapas Yogyakarta]

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.