Rabu, 30 September 2020 - 03:51 WIB

Kepala Devisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY Selenggarakan Sosialisasi Pemberantasan Pungli di Lapas Wirogunan

102_6114

Pungutan liar (Pungli) sudah merajalela di seluruh penjuru negeri, dan hal ini yang membuat keprihatinan Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Praktek pungli ini mengakibatkan rusaknya sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serius Presiden Republik Indonesia untuk memberantas pungli hingga mengeluarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 87 tahun 2016 tentang “Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar”.

Menindaklanjuti Peraturan Presiden RI tersebut, Ety Nurbaiti, Kepala Devisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY melakukan sosialisasi tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pungli pada hari Kamis (27/10/2016) di Lapas Wirogunan Yogyakarta.

Secara gamblang dan dengan suara yang tegas serta beberapa kali diselingi dengan gurauan, Ety Nurbaiti menjelaskan tentang latar belakang Pungli, dan cara mencegah serta memberantasnya. Sama dengan Kanwil Kemenkumham DIY, setiap UPT diperintahkan untuk membentuk Satgas Sapu Bersih Pungli, yang diiringi dengan membuat laporan, melakukan tindakan bagi pegawai yang melakukan pungli serta memberikan pembinaan kepada pegawai. Selain itu Ety Nurbaiti juga berharap agar UPT mengoptimalkan tugas dan fungsi tim Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Dijelaskan dari hasil pengamatan Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tentang indikasi Pungli yang ada di Lapas dan Rutan antara lain pada pelayanan besukan (kunjungan), pemberian fasilitas kepada WBP, penyelenggaraan ekonomi di kantin Lapas/Rutan terkait dengan bebas peredaran uang bagi WBP, dan pengusulan integrasi.

Ety Nurbaiti juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap Lapas Wirogunan yang dalam operasi terakhirnya masih ditemukan handphone di kamar WBP.

Diakhir pemberian sosialisasinya, Kepala Devisi Pemasyarakatan memberi semangat dan menghimbau agar para pegawai Lapas Wirogunan semangat dalam bekerja dengan penuh kejujuran, dan tidak melakukan praktek pungli.

Ambar Kusuma

Filed in: Kabar Penjara Oktober 2016

No comments yet.

Leave a Reply