Selasa, 29 September 2020 - 18:57 WIB

Keluarga Besar Kanwil Kumham DIY Joget Bersama dengan Manula di Panti Werdha “Budi Dharma”

Dalam rangka hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54 tahun 2018, keluarga besar Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta beserta Unit Pelaksana Teknis di jajaran Divisi Pemasyarakatan se DIY melakukan kegiatan bakti sosial melakukan  kunjungan ke Lembaga Pelayanan Kesejahteraan Sosial untuk Lanjut Usia (Panti Werdha) “Budi Dharma” Yogyakarta, dan Panti Asuhan “Daarut Tawa” Sleman pada hari Selasa (17/04/2018).

Kegiatan pertama bertandang ke Panti Werdha Budi Dharma dipimpin Tedja Sukmana, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham DIY. Dihadapan para pegawai Panti Werdha dan Warga Binaan Sosial yang seluruhnya sudah lanjut usia, Kepala Divpas memperkenalkan Kanwil Kumham DIY beserta para pejabat serta kepala UPT di bawahnya. Selain itu Kadivpas juga menjelaskan maksud kedatangan sebagai bagian dari agenda kegiatan memperingati hari Bhakti Pemasyarakatan dengan bersilaturahmi ke panti werdha dan memberikan tali kasih.

Kedatangan keluarga besar Kanwil Kumham DIY disambut hangat pegawai dan warga binaan sosial panti werdha. Heri Suprianto selaku kepala Panti Werdha Budi Dharma mengucapkan terimakasih dan menjelaskan sejarah dan kondisi pantry serta kegiatan para manula yang menjadi warga binaan.

Tutur Heri Suprianto,”Panti Tuna Werdha ini dibawah naungan Dinas Sosial Kota Yogyakarta memiliki 58 manula, sebelas diantaranya sehari-hari hanya bisa ditempat tidur karena sudah sepuh atau sakit. Mereka semua ditangani oleh 9 PNS dibantu para honorer dan para mahasiswa praktek.

Suasana menjadi ceria  ketika seorang manula wanita berduet dengan Sholeh yang menjabat Kepala Rutan Bantul. Kehebohan pun meningkat sewaktu Kadivpas juga bernyani diikuti joget bersama para manula dengan pegawai Kemenkumham DIY.

Kunjungan berakhir setelah beberapa lagu dinyanyikan bersama, dan bingkisan tali kasih diserahkan, serta Adjar Anggoro selaku Kepala Divisi Administrasi memberikan uang saku satu persatu kepada para manula warga binaan sosial panti werdha Budi Dharma.

Para tim Bakti Sosial Kanwil Kemenkumham dipimpin Adjar Anggoro selaku Kepala Divisi Administrasi pun melanjutkan kegiatan ke Panti Asuhan Darut Taqwa di daerah Minggir Sleman DIY. Ada 75 anak yang diasuh di Panti ini dibawah pengelolaan Abi Romi dan Ummi Elly. Sama seperti di Panti Werdha, kunjungan kali ini juga untuk bersilaturahmi dan memberikan bingkisan untuk warga binaan panti asuhan.

Area panti cukup luas bahkan ada sekolah paud, yang siswanya juga berasal dari masyarakat sekitar, panti asuhan Daarut Taqwa tampak terawat dengan baik. Anak-anak panti  tampak semangat, dan mereka juga menempuh sekolah formal.

Diakhir kunjungan Satriyo Waluyo selaku Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, dan pada kepanitiaan hari Bakti Pemasyarakatan di DIY menjadi koordinator kegiatan Bakti Sosial memberikan dana bagi para anak-anak panti.

(AK 17042018)

Filed in: Kabar Penjara April 2018

No comments yet.

Leave a Reply