Senin, 28 September 2020 - 05:16 WIB

Kanwil Kemenkumham DIY Laksanakan Pemberian SK PNS dan Pembaretan Kepada 188 CPNS 2017 23 Diantaranya Bertugas di Lapas Kelas IIA Yogyakarta

 

Semangat dan tidak kenal lelah walau sudah dua hari melakukan kegiatan yang menguras tenaga bagi 188 CPNS Kanwil Kemenkumham DIY.

Kamis sore (10/01/2019) mereka kembali berkumpul mengenakan kaos “Bela Negara. Rangkaian acara fisik harus mereka laksanakan, dan sewaktu mahgrib para CPNS yang beragama Islam sholat berjamaah dilanjutkan mendengarkan siraman rohani oleh Bapak Ali Kepala Bapas Yogyakarta di Masjid Al-Fajar, sementara para CPNS Nasrani mendapat bimbingan rohani dipimpin Andreas Wisnu dari Lapas Kelas IIA Yogyakarta di Gereja Hati Kudus.

Selesai beribadah para CPNS kembali berkumpul dan makan malam bersama di tanah lapang. Hening dan tidak bersuara. Mereka tetap sigap dalam makan malam dan tidak boleh lambat. Nasi dan lauk yang tidak habis dibantu temannya, sehingga makanan yang disajikan habis.

Sekitar pukul 21.00 para CPNS sigap berbaris dalam lima kelompok. Mereka akan melakukan perjalanan malam dalam rangka penyerahan Surat Keputusan Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Ham DIY tentang pengangkatan PNS dan Pembaretan.

Novita, Kepala Divisi Administrasi menjadi Inspektur Upacara dan melakukan pengangkatan bendera star pertama berpesan agar peserta tetap semangat, jaga stamina dan kesehatan, serta tetap kompak.

Ada dua pos yang harus CPNS lalui. Pada pos pertama mereka diperintah untuk  membuat semboyan kelompok dan langsung mempraktekan. Sedangkan pada pos kedua mereka diberi pertanyaan serta melaksanakan aturan baris berbaris dan mendapatkan materi tentang Reformasi Birokrasi.

Hingga Kantor Wilayah Kemenkumham DIY perjalanan mereka berakhir, dan langsung berganti pakaian seragam PDL/PDH untuk mengikuti acara api unggun yang juga dihadiri oleh Krismono Kepala Kanwil Kemenkumham DIY beserta jajarannya.

Hal yang dinanti tiba, para CPNS berbaris di halaman Kanwil. Selain dihadapan mereka Kepala Kanwil dan para pejabat serta Kepala UPT, di sisi Barat hadir orang yang mereka sayangi, ayah, ibu, istri, adik, maupun Kakak, juga teman.

Krismono berpesan kepada para CPNS bagaimana menjadi aparatur negara yang baik, penuh dedikasi, loyal dan terus meningkatkan potensi diri.

Mencium bendera Merah Putih dan Bendera Pengayoman, serta pemberian SK PNS oleh Kepala Kantor Wilayah adalah detik-detik yang mengharukan mereka. Setahun para CPNS ditempa, baik melalui Diklatsar CPNS maupun pembinaan di UPT masing-masing. Mala mini dengan bangga mereka memperoleh Surat Keputusan PNS.

Suasana semakin hanyut ketika ayah, ibu, istri, suami, adik, kakak, kerabat, teman para CPNS diminta untuk memasangkan baret di kepala orang yang mereka banggakan. Ada peluk, ada cium, ada tangis, juga ada air mata. Sebuah momen yang tidak terlupakan bagi Tunas Muda Pengayoman dalam memulai karirnya.

(AK 11/01/2019)

 

Filed in: Kabar Penjara Januari 2019

No comments yet.

Leave a Reply