Kalapas Kukuhkan Satops Patnal dan Satgas Kamtib Lapas Yogyakarta

 Kalapas Kukuhkan Satops Patnal dan Satgas Kamtib Lapas Yogyakarta

Apel Pengukuhan Satops Patnal dan Satgas Kamtib Lapas Kelas IIA Yogyakarta. | Foto: Krisman/ Humas Lapas Yogyakarta

YOGYAKARTA- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo, mengukuhkan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal Pas) dan Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Senin (10/01).

Pada acara yang digelar di Aula Sasana Krida Wiraguna tersebut, Kalapas secara simbolis memasangkan handbadge serta rompi kepada perwakilan tim yang dikukuhkan.

Kepala Lapas Yogyakarta secara simbolis menyematkan handbadge Satops Patnal kepada perwakilan.| Foto: Ambar/ Humas Lapas Yogyakarta

Dalam amanatnya Kalapas berpesan kepada anggota Satops Patnal dan Satgas Kamtib untuk memahami acuan dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Tugas-tugas yang terperinci dari Satops Patnal dan Satgas Kamtib merupakan pengawasan dari pelaksanaan SOP.

“ Kita ketahui Kepdirjen tahun 2021 terkait pedoman standar pelayanan di lingkungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, kurang lebih ada 82 hal. Itulah yang menjadi acuan Bapak-ibu dalam melaksanakan tugas untuk pelaksanaan dari Satops Patnal dan Satgas Kamtib. Jadi sekali lagi Bapak-ibu bisa pelajari, jangan sampai Bapak-ibu menjadi anggota tim tetapi tidak mengetahui SOPnya seperti apa. Karena garis besar dari SK yang sudah dibacakan adalah mengawasi pelaksanaan dari SOP yang ada di Lapas ini,” terang Kalapas.

Lebih lanjut, Kalapas juga berharap agar tugas sebagai Satops Patnal dan Satgas Kamtib dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab . Hal ini dimaksudkan mendukung program dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan untuk Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Lapas/Rutan.

“ Saya berharap sekali lagi bapak-ibu untuk bisa melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab. Melaksanakan tugas ini dengan rasa senang dan juga memahami tugas dan tanggung jawab bapak-ibu sekalian, terutama yang ditekankan Bapak Direktur Jenderal Pemasyarakatan terkait peredaran narkoba. Beliau sangat konsen terhadap hal seperti itu, jadi saya berharap kepada bapak-ibu sekalian untuk dapat mendukung apa yang telah diprogramkan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan terkait mencegah peredaran gelap narkoba di Lapas/Rutan”.

Rangkaian acara pengukuhan berjalan dengan lancar, ditutup dengan foto bersama seluruh jajaran anggota Tim Satops Patnal dan Satgas Kamtib.[TPH]

Tim Satgas Kamtib yang baru saja dikukuhkan berfoto bersama usai prosesi berlangsung. | Foto: Husni/ Humas Lapas Yogyakarta

Tim Humas Lapas Yogyakarta

https://lapaswirogunan.com

correctional officers

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.