Rabu, 14 April 2021 - 23:33 WIB

Kalapas Yogya Blusukan, Ajak WBP Menjaga Kebersihan


Sebagian besar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Wisma Sido Mukti (dahulu Blok Hunian E) sedang mempersiapkan diri untuk melakukan aktifitas ketika Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Arimin melakukan blusukan di blok mereka pada Selasa pagi (12/01/2021). Wisma Sido Mukti Merupakan hunian bagi WBP yang aktif
melakukan kegiatan pembinaan kemandirian.

Arimin memberikan pengarahan kepada WBP yang berhimpun di halaman wisma. Santai dan jelas Kepala Lapas mengajak WBP untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kamar hunian termasuk toilet harus dibersihkan tiap hari. Selain menjaga kebersihan kamar, Arimin juga mengatakan bahwa WBP juga harus menjaga kebersihan halaman wisma, dengan mencontohkan rumput yang tumbuh liar walau sedikit tetap kurang enak dipandang. “Lingkungan bersih maka kebersihan diri juga harus dijaga. Bila tidak menjaga kebersihan diri maka orang lain juga dapat terganggu,” ucap Arimin dengan lugas.

Terkait dengan tugas pegawai, Arimin mengatakan dengan tegas kepada WBP bahwa pegawai Lapas bertugas menjaga keamanan agar WBP dapat hidup nyaman tanpa ada rasa ketakutan. “Jangan ada preman di blok agar tidak ada pemalakan. Itu menyusahkan WBP lain dan keluarganya.”

Arimin menyatakan bahwa Petugas juga melakukan penggeledahan kepada WBP. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan, dan untuk memastikan WBP tidak menyimpan, menguasai maupun menggunakan barang-barang terlarang seperti narkoba, minuman keras atau pun senjata tajam. Kalapas meminta WBP bersabar, karena adanya pandemic covid-19 hak kunjungan bagi mereka belum bisa dilaksanakan. Sebagai gantinya WBP dipersilahkan untuk memanfaatkan layanan video call.

Pada pengarahan terakhir Kepala Lapas menyatakan bahwa masih bayak WBP yang belum melakukan ibadah di masjid AlFajar Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Masjid Al- Fajar tampak hanya terisi setengah pada saat ibadah sholat wajib. Melihat ini Kepala Lapas pun mengajak agar WBP senang melakukan ibadah di masjid. Bila malas beribadah akan dipaksa hingga ibadah menjadi biasa. Kepada WBP nasrani, Kepala Lapas juga menghimbau agar para WBP dapat memanfaatkan pelayanan yang ada dengan melakukan ibadah di “Gereja Hati Kudus Lapas Kelas IIA Kepala Lapas menutup pengarahan dengan ucapan, “Bila bisa bersaudara maka jangan saling menyakiti.”
(AK 12012020)

Filed in: Kabar Penjara Januari 2021

No comments yet.

Leave a Reply